6 Penyebab Warna Bibir Wanita Jadi Hitam

by
September 11th, 2013 at 11:04 am

CiriCara.com – Memiliki bibir merah alami atau merah merona bisa membuat seorang wanita jadi tampil lebih percaya diri. Jika sudah memiliki warna bibir yang merah alami, maka mereka tak usah repot-repot lagi memakai lipstik, apalagi jika sedang terburu-buru.

tips kecantikan, bibir hitam, biubir wanita hitam, penyebab bibir hitam, penyebab bibir wanita jadi hitam

Ilustrasi bibir menghitam – Ist

Akan tetapi, sayangnya tak semua wanita memiliki warna bibir yang merah alami. Sejumlah wanita mengeluh bahwa warna bibirnya menghitam sehingga mengurangi rasa percaya dirinya. Apakah Anda juga mengalami permasalahan seperti itu?

Baca juga: Cara Agar Bibir Merah Alami

Kehilangan warna merah pada bibir ternyata disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tak disadari oleh para kaum Hawa. Apa saja penyebabnya?

Dilansir dari beberapa sumber, inilah penyebab warna bibir wanita jadi hitam:

1. Faktor usia

Bertambahnya usia, terutama pada usia menopause, kadar estrigen menuruh sehingga prosesregenerasi melemah bahkan berhenti. Dampaknya, kulit tak mampu melindungi dan melembapkan sendiri tanpa adanya regenerasi. Dengan begitu, lama-lama kulit mengendur dan mengerut sehingga bibir terlihat berubah warna menjadi hitam.

2. Merokok

Warna bibir yang merah merona bisa berubah menjadi hitam akibat merokok. Saat mengisap rokok, bibir terkena panasnya sehingga mematikan sel-sel darah merah yang kemudian membuat timbunan pigmen di bibir. Selain itu, karbon dari hasil pembakaran rokok juga bisa membuat warna bibir menjadi lebih pekat dan pecah-pecah.

3. Kafein

tips kecantikan, bibir hitam, biubir wanita hitam, penyebab bibir hitam, penyebab bibir wanita jadi hitam

Memakai lip balm – Ist

Bagi wanita pecinta kopi, berhati-hatilah karena mengonsumsi lebih dari 2 cangkir dalam sehari bisa membuat bibir Anda menjadi hitam. Perlahan, bibir akan berubah kekuningan lalu kehitaman. Parahnya, Anda tak bisa mengatasi atau mengembalikan warna bibir dengan banyak meminum air putih saja.

4. Produk lipstik

Ketahuilah bahwa sisa lipstik yang dibiarkan menempel di bibir atau tak dibersihkan bisa menyebabkan warna bibir berubah menjadi kehitaman. Selain itu bagi Anda yang memiliki kulit bibir sensitif, memakai lipstik juga bisa menyebabkan bibir berubah warna jadi hitam. Kandungan dalam lipstik jika digunakan dalam waktu lama dan tak cocok di bibir juga bisa membuat warnanya berubah jadi hitam.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Warna Gelap pada Bibir

5. Terkena sinar matahari

Sinar matahari bukan hanya berdampak buruk pada kulit wajah saja, tapi juga bibir. Bibir bisa berubah warna menjadi gelap dan pecah-pecah jika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai lip balm dengan kandungan SPF saat berada di luar ruangan.

6. Menggigit bibir

Para ilmuwan mengatakan bahwa menggigit bibir bisa menimbulkan terjadinya pigmentasi pada bibir sehingga berubah warna menjadi gelap. Selain itu, terlalu sering menjilat bibir juga membuat bibir jadi mudah kering.

Itulah 6 penyebab bibir wanita jadi hitam. Jika tak ingin memiliki bibir yang hitam, maka jauhi penyebab itu. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin C dan rajin meminum air putih agar bibir selalu lembap serta sehat.

Baca juga: Cara Menjaga Bibir Tetap Sehat dan Merah Alami

(NR)

Comment di sini