Ini Calon Pesaing Duet Agya-Ayla

by
September 11th, 2013 at 2:51 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mobil Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla saat ini menjadi mobil pertama yang bermain di kategori mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). Meskipun demikian, Agya dan Ayla diprediksi bakal mendapat saingan dari pabrikan lain.

agya, pameran agya

Toyota Agya – Dapurpacu.com

Menurut kabar yang beredar, sudah ada empat produsen mobil yang siap mengisi segmen LCGC. Keempat pabrikan tersebut adalah Datsun, Honda, Suzuki, dan Tata Motors. Sementara itu, KIA Mobil Indonesia (KIM), Mitsubishi, dan Volkswagen (VW) masih belum bisa dipastikan.

Datsun yang dihidupkan kembali oleh Nissan, sudah melansir mobil murahnya di India. Mobil murah tersebut adalah Datsun GO. Mobil tersebut akan mulai dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Honda kabarnya akan segera mengisi segmen LCGC dengan mobil Honda Brio Satya. Menurut Honda Prospect Motor (HPM), Brio Satya akan dijual dengan harga yang murah namun tetap memiliki kualitas yang terjamin.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang telah sukses dengan Ertiga kini dikabarkan agar segera merilis mobil murah dan ramah lingkungan miliknya. Sebelumnya, Suzuki juga sudah memamerkan Wagong R di Arena PRJ.

Produsen asal India, Tata Motors juga akan ikut meramaikan persaingan di segmen LCGC. Tidak tanggung-tanggung, produsen mobil paling murah sedunia itu sudah memperkenalkan 3 varian mobil LCGC-nya, Selasa (10/9/2013), kemarin.

Meski muncul pertama, Agya dan Ayla diprediksi tetap akan mendapat kesulitan dalam persaingan mobil LCGC. Terlebih lagi, mobil murah tiap produsen tentu akan menawarkan kelebihannya masing-masing.

Segmen LCGC ini disiapkan pemerintah untuk memunculkan mobil murah di Indonesia. Selain memberikan kemudahan bagi pabrik yang ikut serta di ranah LCGC, pemerintah juga memberikan syarat kepada produsen mobil murah di Indonesia.

Syarat tersebut adalah mobil LCGC harus dibuat di Indonesia dan menggunakan komponen lokal sebanyak 80 persen lebih. Selain itu, mobil LCGC juga diharuskan menggunakan nama yang akrab dengan Indonesia.

Seperti apa calon penantang Agya dan Ayla? Kita lihat saja nanti. (YG)

Comment di sini