Kenapa Agya Lebih Mahal Daripada Ayla?

by
September 11th, 2013 at 1:42 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mobil “kembar” Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla resmi diluncurkan pada Senin (9/9/2013) di tempat yang berbeda. Meski memiliki kesamaan di bagian eksterior, harga kedua mobil tersebut tetap berbeda.

agya, agya putih, toyota agya putih

Toyota Agya – Ist

Agya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding Ayla. Harga Agya on the road Jakarta mulai dari Rp 99,9 juta sampai Rp 120,75 juta. Sementara itu Ayla dijual dengan harga Rp 76 juta sampai Rp 106 juta. Baik Agya maupun Ayla mempunyai beberapa varian.

Kenapa harga Agya lebih mahal daripada Ayla?

Presiden Direktur PT Toyota Astra Mobil (TAM), Johnny Darmawan menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan Agya lebih mahal dibanding Ayla. Hal itu bisa dilihat dari fasilitas yang ada di bagian interior kedua mobil tersebut.

Menurut Johnny, semua varian Agya sudah dilengkapi fitur keselamatan dual airbags (SRS Airbags) di bagian pengemudi dan juga penumpang bagian depan. Sementara itu Ayla, terutama tipe D belum dilengkapi airbags atau kantung pengaman.

Selain belum dilengkapi kantung pengaman saat kecelakaan, Ayla tipe D juga belum dilengkapi AC dan juga perangkat audio. Tak heran, Ayla tipe D ini dipasarkan dengan harga yang sangat murah, yakni Rp 76 juta.

Johnny juga menjelaskan bahwa Agya sudah dilengkapi teknologi transmisi otomatis dan aksesoris TRD S yang membuat Agya tampak lebih gaya dan sporty. Sedangkan Ayla tidak memiliki varian TRD.

Sementara itu, mengenai mesin Agya, Johnny mengklaim bahwa mesin 1 KR 1.000 cc tiga silinder sangat irit bahan bakar. Mesin tersebut juga memiliki emisi gas buang yang rendah sehingga Agya termasuk mobil ramah lingkungan (LCGC).

“Di laboratorium konsumsi BBM Agya mencapai 21 km/liter,” ujar Direktur Pemasaran TAM Rachmat Samulo, seperti dikutip dari Republika.co.id, Rabu (11/9/2013).

Pihak Toyota Astra Motor sendiri menarjetkan mobil Agya terjual 5 ribu unit per bulan. Meski harganya lebih mahal dibanding Daihatsu Ayla, Toyota yakin Agya akan tetap diminati oleh para konsumen Indonesia.

(YG)

Comment di sini