Ombudsman Buka Pos Pengaduan CPNS 2013

by
September 11th, 2013 at 11:29 am

Jakarta (CiriCara.com) – Bagi Anda yang mengetahui atau mengalami kecurangan dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 bisa melapor ke pos pengaduan Ombudsman Republik Indonesia. Nantinya laporan setiap warga akan diproses.

ombudsman indonesia

Ombudsman Republik Indonesia – Ist

Bekerja sama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Konsorsium LSM Pemantau Seleksi CPNS (KLPC), Ombudsman sudah menyiapkan pos pengaduan di 23 provinsi. Pos pengaduan itu tersedia di kantor perwakilan dari Ombudsman di masing-masing daerah.

“Kami akan menerima laporan masyarakat mengenai kecurangan dalam perekrutan CPNS, dan akan menindaklanjuti laporan tersebut,” kata anggota Ombudsman bidang Penyelesaian Laporan/Pengaduan, Budi Santoso, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/9/2013).

Menurut Budi, pos pengaduan sudah mulai dibuka sejak Selasa (10/9/2013) kemarin. Pelayanan pos pengaduan CPNS itu akan tetap buka hingga proses seleksi CPNS selesai. “Sampai kelulusan pengumuman dan penyerahan berkas,” ujarnya.

Budi meminta agar setiap pelapor bisa menjelaskan kejadiannya secara rinci. Mulai dari uraian kronologi, barang bukti, hingga dokumen pendukung, seperti identitas pelapor. Namun identitas pelapor nantinya tetap akan dirahasiakan.

Menurut Budi, hal itu diperlukan untuk mempercepat proses penyidikan. Meskipun demikian, laporan yang tidak disertai dokumen juga akan tetap ditindaklanjuti. “Tetap bisa (ditindaklanjuti),” kata Budi.

Selain membuka pos pengaduan di kantor perwakilan Ombudsman, ICW dan KLPC juga membuka pos pengaduan secara online. Masyarakat yang menemui kecurangan CPNS bisa melaporkannya melalui alamat, http://pantaucpns.net/ dan http://siduta.menpan.go.id.

Ombudsman berharap agar semua masyarakat ikut serta dalam mengawasi proses rekrutmen CPNS 2013 sehingga prosesnya bisa berjalan dengan transparan. Dengan demikian, praktik calo CPNS bisa dikurangi.

(YG)

Comment di sini