10 Penyebab Serangan Jantung yang Perlu Anda Ketahui

by
September 12th, 2013 at 11:22 am

CiriCara.com – Gaya hidup yang tak sehat dan pola makan yang buruk biasanya selalu disalahkan ketika seseorang sudah terkena jantung. Oleh karena itu, setiap orang sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti mengonsumsi sayur dan buah, rajin berolahraga, menghindari stres, dan lain sebagainya.

tips kesehatan, jantung, serangan jantung, penyebab serangan jantung, penyebab serangan jantung yang perlu diketahui

Serangan jantung – Thinkstock

Namun, harus Anda ketahui bahwa melakukan gaya hidup sehat saja tak cukup karena ada faktor lain yang menjadi penyebab serangan jantung. beberapa penyebab ini mungkin tak disadari oelh Anda. Untuk itu, Anda perlu mengtehauinya agar tak terkena serangan jantung.

Baca juga: Berikut 12 Jus Segar yang Bisa Cegah Penyakit Jantung

Penyebab lain apa yang bisa menyebabkan serangan jantung? Berikut penyebab serangan jantung yang perlu Anda ketahui:

1. Depresi

Sebuah studi yang ditulis dalam Journal of the American College of Cardiology pada tahun 2009 menunjukkan bahwa wanita yang mengalami depresi berisiko dua kali lebih tinggi mengidap penyakit jantung dari waktu ke waktu.

Baca juga: 6 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

2. Diabetes

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes biasanya takut kakinya diamputasi atau kehilangan penglihatan. Padahal, ada hal lain yang harus ditakutkan yaitu serangan jantung. Ketahuilah bahwa pasien diabetes berisiko meninggal dunia akibat penyakit jantung 2-3 kali lebih besar. Namun, hal tersebut bisa dicegah jika memiliki pola makan yang benar dan berolahraga.

3. Gangguan ginjal

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang dengan ginjal yang lemah, meski tak mengidap penyakit tertentu berisiko mengalami serangan jantung lebih tinggi. Selain itu, studi lain juga menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami penyakit ginjal kronis berisiko mengalami serangan jantung dua kali lipat.

4. Sakit gusi

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, pasien penyakit gussi berisiko mengalami serangan jantung 25% lebih besar daripada orang-orang yang giginya sehat. Hal tersebut diduga karena adanya bakteri pada mulut sehingga memicu peradangan kronis di dalam pembuluh darah.

5. Infeksi

Seseorang yang didiagnosis flu atau infeksi saluran pernapasan lainnya berpeluang lima kali lebih besar terkena serangan jantung setelah 3 hari didiagnosis. pasalnya, infeksi bisa mengakibatkan munculnya respons peradangan yang memicu serangan jantung atau stroke.

Baca juga: Cara Sehat Mencegah Terkena Serangan Stroke

tips kesehatan, jantung, serangan jantung, penyebab serangan jantung, penyebab serangan jantung yang perlu diketahui

Serangan jantung pada wanita – Ist

6. Lingkungan rumah

Ketahuilah bahwa orang-orang yang berada di lingkungan masyarakat berpendapatan rendah tiga kali lebih sering mengidap serangan jantung dibandingkan rekan-rekannya yang berpendapatan sama tapi tinggal di lingkungan masyarakat yang berpenghasilan tinggi.

7. Tinggal di perkotaan

Seseorang yang tinggal di perkotaan biasanya akan menghadapi lebih banyak masalah, seperti kemacetan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kematian akibat penyakit jantung 2 kali lebih sering ditemukan pada orang-orang yang tinggal dekat dengan jalan raya atau sering dilalui banyak kendaraan.

8. Tekanan di kantor

Sebuah studi menunjukkan bahwa beban atau tekanan pekerjaan bisa meningkatkan risiko serangan jantung para pekerja. Untuk itu, sebaiknya Anda tetap menikmati segala apapun pekerjaan yang dihadapi untuk mencegah terkena serangan jantung.

9. Masalah dalam hubungan

Hubungan yang tidak baik dengan pasangan bisa mempengaruhi jantung. Sebuah studi dari London menunjukkan bahwa masalah hubungan dengan pasangan bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga 34%.

10. Mengonsumsi suplemen kalsium

Orang-orang yang mengosumsi suplemen kalsium berisiko mengalami serangan jantung lebih tinggi dibandingkan yang tidak meminum suplemen.

Itulah 10 penyebab serangan jantung yang harus Anda ketahui. Jadi, bukan hanya menjalankan gaya hidup sehat saja, tapi Anda harus menghindari 10 penyebab di atas agar tak terkena serangan jantung. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Tepat Menjaga Kesehatan Jantung

(NR)

Comment di sini