Mengemis, Rozali Dapat Rp 700 Ribu per Hari

by
September 12th, 2013 at 3:38 pm

Bangka (CiriCara.com) – Rozali, seorang pengemis asal Palembang terjaring razia yang digelar tim dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Pemkot Pangkal Pinang, Rabu (11/9/2013) malam. Rozali ditangkap saat sedang mengemis di sebuah ATM.

pengemis

Pengemis – Ist

Meski berprofesi sebagai seorang pengemis, penghasilan Rozali per harinya ternyata bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Hal itu diungkapkan oleh Pekerja Sosial Dinsosnaker Pemkot Pangkal Pinang, Rizki Oktarini.

Pasalnya saat diamankan oleh petugas Dinsosnaker, Rozali diketahui sudah mengantungi uang Rp 700 ribu dari hasil mengemis. Menurut pengakuan Rozali, uang tersebut didapatkannya hanya dalam waktu satu hari.

“Penghasilannya Rp 700 ribu. Dia (Rozali) ditangkap sedang mengemis di depan satu mesin ATM,” tutur Rizki, seperti dikutip dari Bangkapos.com, Kamis (12/9/2013).

Selain itu, lanjut Rizki, petugas Dinsosnaker juga berhasil menemukan kertas bukti setor Rozali kepada keluarganya. Dari bukti setor tersebut, Rozali mampu mengirimkan uang sebesar Rp 2,5 juta per bulannya.

“Kami tengah menyelidiki lebih lanjut siapa bos di belakang Rozali,” jelas Rizki.

Baca juga: Pengemis Blok M Dapat Rp 15 Juta Per Bulan.

Jumlah pengemis di beberapa kota besar memang terus mengalami peningkatan. Meski sering dilakukan razia, para pengemis masih tetap saja bermunculan di sejumlah fasilitas umum yang sering dilewati warga.

Pelatihan yang sering dilakukan oleh petugas juga belum mampu membuat para pengemis itu berpaling dari profesi lamanya. Mereka yang terjaring razia kebanyakan akan kembali mengemis setelah dibebaskan.

(YG)

Comment di sini