Mitos Lucu Seputar Seksualitas Remaja Indonesia

by
September 12th, 2013 at 1:04 pm

CiriCara.com – Masa remaja merupakan masa yang dipenuhi rasa penasaran terhadap hal-hal baru. Sayang, tradisi masyarakat Indonesia masih diwarnai dengan ketabuan dalam sejumlah hal yang sebenarnya penting untuk dibuka.

justin bieber, remaja, abg, idola remaja

Justin Bieber, idola banyak remaja di dunia – Chicago Now

Masalah seksualitas kerap dianggap topik yang tidak patut dibicarakan di dalam keluarga, apalagi dengan anak-anak. Padahal, anak harus mendapatkan informasi tentang seksualitas dari sumber yang tepercaya.

Sumber informasi yang tepercaya di dalam keluarga tentu saja orangtua. Jika orangtua enggan memberi tahu, anak bisa mencari-cari informasi sendiri di luar.

Di era teknologi informasi yang berkembang pesat seperti saat ini, anak-anak bisa dengan mudah mendapatkan informasi lewat bantuan internet.

Namun tidak semua informasi yang ada di dunia maya bisa dipercaya. Banyak mitos seputar seksualitas dan kesehatan yang berkembang liar dan bisa meracuni pikiran anak yang tidak mendapatkan pengetahuan yang cukup.

Berikut mitos-mitos kesehatan dan seksualitas yang tampak lucu, namun banyak yang percaya:

1. Cewek bisa hamil jika berenang bareng cowok

Cewek disebut bisa hamil jika berada dalam satu kolam renang dengan cowok. Mitos ini lucu, karena perjalanan sperma hingga bisa membuahi sel telur tidaklah mudah. Cewek harus sedang dalam masa subur agar bisa hamil. Dan sel sperma harus benar-benar kuat untuk bisa mencapai indung telur.

2. Cewek yang suka makan sayap ayam kelak punya anak cowok berpenis kecil

Pernah terembus kabar bahwa calon ibu yang gemar memakan sayap ayam, jika nantinya melahirkan anak cowok maka ukuran penisnya kecil. Belum ada penelitian yang benar-benar valid untuk mendukung klaim itu. Sayap ayam mengandung protein, berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Baca juga: Ciri ABG Galau

3. Kalau menstruasi tidak boleh keramas

Banyak orang bilang keramas saat sedang menstruasi bisa membuat darah yang keluar semakin deras. Informasi ini tidak benar. Tidak ada kaitan antara menstruasi dan kesehatan rambut. Keramas diperlukan agar rambut tetap terawat.

4. Sering masturbasi membuat kaki lemah

Cowok yang keseringan masturbasi disebut tidak akan punya kaki yang kuat. Bahkan, masturbasi dikatakan bisa mengakibatkan kelumpuhan. Yang benar, keseringan masturbasi membuat konsentrasi seseorang terganggu, mudah capek, dan tidak berprestasi.

5. Cewek tidak boleh makan telur setengah matang

Telur kampung setengah matang sering dikonsumsi sebagai jamu untuk memperkuat kondisi tubuh. Tapi ada yang mengatakan cewek tidak boleh makan telur setengah matang agar kelak tidak sulit mendapatkan anak. Mitos ini sekali lagi lucu dan tidak bisa divalidasi.

Baca juga: 6 Tahap Pacaran Para ABG di Jakarta

Itulah sejumlah mitos tentang kesehatan dan seksualitas yang sering kita dengar sehari-hari. Ada lagi mitos lain yang Anda tahu?

Comment di sini