Amien Rais Anggap Nasionalisme Jokowi Meragukan

by
September 13th, 2013 at 9:15 am

Jakarta (CiriCara.com) – Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengaku ragu dengan komitmen nasionalisme Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Amien khawatir Jokowi nantinya malah berpihak kepada pihak asing.

amin rais

Amien Rais – Ist

Menurut Amien, Jokowi yang merupakan kader PDI Perjuangan bisa saja melakukan hal yang serupa dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Pasalnya saat menjadi presiden, Megawati pernah melakukan kebijakan yang berlawanan dengan semangat nasionalisme.

Megawati pernah menjual saham PT Indosat Tbk ke pihak asing dan melakukan pembebasan utang pengusaha hitam. Menurut Amien, kebijakan tersebut sangat tidak nasionalis. “Mega saja bisa seperti itu,” kata Amien.

Jika Jokowi menjadi calon presiden, Amien menilai, belum tentu ada kelompok politik Islam yang mau berkoalisi dengannya. “Belum tentu,” kata Amien yang juga merupakan Mantan Ketua Umum Muhammadiyah.

Tidak hanya itu, Amien juga menilai kinerja Jokowi selama ini hanya merupakan pencitraan. Amien menjelaskan, keberhasilan Jokowi di Kota Solo itu merupakan hasil kerja dari Wakil Wali Kota Solo, FX Rudi (kini menjadi wali kota setelah Jokowi jadi Gubernur DKI).

“Di Solo itu yang bekerja Rudi. Saya ini orang Solo, kemiskinan dan kumuh masih banyak,” kata Amien seperti dikutip dari Tempo.co, Jumat (13/9/2013).

Mengenai kinerja Jokowi di Jakarta, Amien pun masih menganggapnya belum berhasil. Meski sudah berhasil melakukan pembersihan jalan di Tanah Abang, Jokowi tetap masih belum bisa mengatasi macet di Jakarta.

“Macet Jakarta masih terasa,” ujar Amien yang juga merupakan Mantan Ketua Umum Muhammadiyah.

Sementara itu, PDI Perjuangan sendiri masih belum mengumumkan siapa calon presiden yang akan diusungnya. Meski sudah menggelar Rakernas di Ancol, PDI Perjuangan masih tetap bungkam mengenai Pemilu 2014.

(YG)

Comment di sini