Cara Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

by
September 13th, 2013 at 3:38 pm

CiriCara.com – Ketika lulus dan mendapatkan gelar sarjana, biasanya sebagian besar orang memiliki keinginan untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan yang diinginkan. Bagi Anda yang baru saja lulus, apakah memiliki keinginan yang seperti itu juga?

cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, fresh graduate, cara mendapatkan kerja untuk yang baru lulus, cara mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate

Fresh graduate – Ist

Mendapatkan pekerjaan, apalagi yang kita inginkan tidaklah mudah. Ketahuilah bahwa banyak orang yang sudah pernah bekerja atau berpengalaman, keluar masuk dari perusahaan yang satu perusahaan yang lainnya agar bisa menemukan pekerjaan yang sesuai.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Minat

Selain itu untuk bisa bekerja di perusahaan yang diinginkan, Anda harus mengikuti beberapa tes terlebih dahulu. Beberapa tes yang biasanya perlu Anda ikuti, antara lain wawancara, psikotes, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Wawancara Kerja

Oleh karena itu, Anda harus siap agar bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang baru lulus ada beberapa tips agar bisa mendapatkan pekerjaan. Bagaimana?

Dilansir dari Magforwomen.com, berikut cara mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate:

1. Percaya diri

Cara pertama yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus yaitu rasa percaya diri. Dengan memiliki rasa percaya diri Anda bisa tampil maksimal saat tes wawancara nanti. Hal itu tentunya akan memberi kesempatan besar untuk diterima kerja. Namun, jangan terlalu berlebihan percaya diri juga karena membuat Anda jadi terlihat sombong.

2. Mencari lowongan kerja sebanyak-banyaknya

cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, fresh graduate, cara mendapatkan kerja untuk yang baru lulus, cara mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate

Wawancara kerja – Ist

Untuk mengetahui info lowongan kerja nampaknya saat ini sudah mudah sekali dikaranakan ada internet. Anda bisa bergabung ke beberapa situs pencarian kerja untuk mendapatkan info tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dari media sosial seperti, Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lain sebagainya. Dapatkanlah info dari berbagai media tersebut untuk bisa mendapatkan pekerjaan secepatnya.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan

3. Memperluas jaringan

Selain mencari info lowongan kerja dari media, Anda juga bisa mendapatkan dari teman atau kerabat. Cobalah perluas jaringan Anda agar bisa medapat pekerjaan setelah lulus. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi dari mereka mengenai dunia kerja yang sebenarnya, tes-tes apa saja yang diikuti, dan lain sebagainya.

4. Ciptakan kesan pertama yang baik

Pada saat dipanggil untuk tes wawancara, Anda harus meninggalkan kesan yang baik. Tujuannya adalah agar perusahaan tetap mengingat Anda. Walaupun belum tentu diterima, mungkin saja Anda akan dipanggil kembali jika perusahaan benar-benar membutuhkan.

Baca juga: 10 Bahasa Tubuh yang Harus Dilakukan Saat Wawancara Kerja

Itulah cara mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate. Setelah lulus, sebaiknya Anda segera mencari pekerjaan. Jangan menganggur kelamaan karena bisa membuat Anda jadi malas untuk mengejar impian. Perlu diketahui juga, jika ingin cepat dipanggil oleh perusahaan, maka buatlah CV dan surat lamaran yang benar. (NR)

Comment di sini