Profil Habib Munzir Al Musawa

by
September 16th, 2013 at 10:08 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pada hari Minggu (15/9/2013) kemarin sore, Habib Munzir Al Musawa dikabarkan telah meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Kabar duka tersebut pun mengagetkan sejumlah umat Muslim. Siapa Habib Munzir itu?

habib munzir

Habib Munzir Al Musawa – Ist

Habib Munzir mulai terkenal setelah dia berhasil mendirikan Majelis Dzikir Rasulullah. Beliau merupakan anak bungsu dari pasangan Fuad bin Abdurrahman Al-Musawa dan Rahmah binti Hasyim Al-Musawa.

Habib Munzir diketahui memiliki tiga saudara, yakni Ramzi, Nabiel Al Musawa, dan Lulu Musawa. Dia menghabiskan masa kecilnya di Cipanas, Jawa Barat bersama saudara-saudaranya. Habib Munzir baru datang ke Jakarta setelah lulus SMA.

Setelah itu, Habib Munzir mendalami ilmu Syariah Islam di Ma’had Assaqafah Al Habib Abdurrahman Assegaf di Bukit Duri, Jakarta Selatan. Ia kemudian kursus bahasa Arab di LPBA Assalafy, Jakarta Timur.

Setelah kursus bahasa Arab, Habib Munzir kemudian pergi ke Yaman untuk mendalami ilmu Islam. Ia kemudian kembali ke Indonesia dan mulai berdakwah pada tahun 1998. Habib Munzir berdakwah dari rumah ke rumah.

Dengan gaya berdakwah yang unik, Habib Munzir pun berhasil menarik perhatian sejumlah warga Muslim. Ia pun kemudian diminta untuk membuka majelis yang akhirnya diberinama Majelis Rasulullah. Pada awal pendiriannya, majelis tersebut hanya diikuti oleh enam orang.

Saat ini, Majelis Rasulullah tersebut sudah diikuti oleh 10.000 orang. Bahkan, Habib Munzir juga sukses membuka puluhan majelis taklim di luar Jakarta seperti, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, dan bahkan sampai Singapura dan Malaysia.

Biodata Habib Munzir:
Nama Lengkap: Munzir bin Fuad bin Abdurrahman Al Musawa
Tanggal lahir: 23 Februari 1973
Wafat: 15 September 2013
Asal: Cipanas, Cianjur, Jawa Barat
Pekerjaan: Da’i

(YG)

Comment di sini