6 Penyebab Varises pada Kaki Wanita

by
September 18th, 2013 at 11:26 am

CiriCara.com – Kanker dan jantung masih menjadi penyakit yang paling menakutkan bagi orang. Akan tetapi, ada penyakit lain yang membuat seorang wanita dan pria jadi kurang percaya diri yaitu varises.

tips kesehatan, varises, varises pada kaki wanita, varises pada kaki, penyebab varises

Varises pada kaki – Ist

Varises biasanya timbul di sekitar betis yang membentuk urat-urat yang menonjol keluar. Sangat tidak enak dilihat jika timbul varises pada kaki seseorang, terlebih bagi wanita karier yang sangat mementingkan penampilan.

Baca juga: Cara Alami Memperhalus Kulit Kaki

Menurutnya, varises cukup mengganggu penampilannya karena membuatnya jadi tak cantik lagi. Bukan hanya mengganggu penampilan saja, pasalnya varises juga bisa menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

Varises merupakan pelebaran pembuluh darah vena yang menimbulkan rasa sakit. Varises cenderung berwarna hijau dan berkuran bervariasi bisa besar dan kecil, panjang dan pendek.

Lalu, apa sebenarnya penyebab varises pada kaki wanita? Berikut 6 penyebab varises pada kaki wanita:

1. Faktor keturunan

Adanya varises di kaki bisa disebabkan karena faktor keturunan. Jika ada keluarga yang mengalami varises, maka anggota keluarga yang lain cenderung akan mengalami varises juga, Biasanya, varises yang disebabkan karena faktor genetik ini sulit untuk diatasi atau disembuhkan.

2. Kehamilan

Saat hamil, hormon progesteron akan meningkat sehingga menyebabkan munculnya varises pada kaki wanita. Selain itu, bertambahnya berat badan saat hamil juga bisa membuat kaki semakin berat menopang tubuh dan menyebabkan peredaran darah terhambat sehingga memicu timbulnya varises.

3. Memakai sepatu hak tinggi

tips kesehatan, varises, varises pada kaki wanita, varises pada kaki, penyebab varises

Memakai high heels kelamaan -Ist

Memakai sepatu hak tinggi juga merupakan salah satu penyebab timbulnya vaises pada kaki. Apakagi jika Anda serung memakainya dalam jangka waktu lama. Ketahuilah bahwa memakai sepatu hak terlalu tunggi akan membuat otot tumit sulit bergerak sehingga kurang berfungsi dalam membantu kerja pembuluh darah.

4. Terlalu sering berdiri

Keseringan berdiri ternyata juga tak baik untuk kesehatan. Terlalu sering berduri akan membuat kaki menopang terlalu lama. Pada saat berdiri lama, usahakan untuk tetap melakukan kegiatan rileks pada kaki agar otot tetap bisa memompa darah dengan baik sehingga tak timbul varises.

Baca juga: Inilah 5 Cara Mengatasi Varises

5. Kurang bergerak

Kurangnya aktivitas bisa menyebabkan kurang gerakan pada anggota tubuh, terutama pada kaki. Bagi Anda yang bekerja duduk terlalu lama di depan laptop, sebaiknya lebih seringlah berdiri atau menggerakkan kaki. Kurang bergerak menyebabkan otot-otot di sekitar pembuluh vena tak mampu memompa darah dengan baik.

6. Obesitas

Kegemukan atau obesitas juga merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami varises. Hal ini dikarenakan kaki terlalu berat menopang tubuh sehingga menyebabkan peredaran darah terhambat dan timbulah varises pada kaki.

Itulah 6 penyebab varises pada kaki wanita. Bagaimanapun juga, adanya varises di kaki bisa membuat penampilan seseorang jadi kurang percaya diri. Untuk itu, hindari beberapa penyebab di atas agar kaki Anda tetap terlihat indah.

Baca juga: 10 Cara Mempercantik Kaki

(NR)

Comment di sini