Cara Mencegah Varises pada Kaki Wanita

by
September 19th, 2013 at 11:38 am

CiriCara.com – Salah satu penyakit yang bisa membuat penampilan seorang wanita kurang percaya diri adalah varises. Varises merupakan pelebaran pembuluh darah vena yang menimbulkan rasa sakit. Varises cenderung berwarna hijau dan berukuran besar dan kecil, panjang dan pendek.

tips kesehatan, tips kesehatan wanita, mencegah varises, mencegah varises pada kaki wanita, varises pada kaki

Varises – Ist

Varises biasanya dialami oleh wanita yang mana akan tumbuh di sekitar betis dan membentuk urat-urat yang menonjol keluar. Jika mengalami hal seperti itu, maka bisa membuat seorang wanita jadi kurang percaya diri.

Wanita yang mengalami varises bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti faktor keturunan, sedang hamil, sedang menyusui, terlalu sering memakai sepatu hak tinggi, terlalu lama berdiri, dan jarang bergerak.

Baca juga: 6 Penyebab Varises pada Kaki Wanita

Penyebab tersebut muingkin tak disadari oleh sebagian besar wanita. Untuk itu, mulai saat ini sebaiknya Anda menghindari 6 penyebab tersebut agar tak mengalami varises. Selain menghindari hal itu, ada beberapa cara pencegahan lain yang bisa Anda lakukan.

Apa saja? Berikut cara mencegah varises pada kaki wanita:

1. Mengonsumsi sayur dan buah

Sayuran dan buah sangat disarankan untuk dikonsumsi karena bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungannya yang kaya akan serat bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rajin mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya agar terhindar dari penyakit varises.

Selain itu, jauhi juga makanan yang tidak sehat, seperti junk food. Jangan terlalu sering mengonsumsinya karena hanya akan bikin penyakit dalam diri Anda saja.

2. Mengonsumsi vitamin C dan E

Vitamon C dan E sangat baik untuk tubuh. Kedua vitamin ini bisa membantu mengurangi nyeri dan kram pada kaki. Anda bisa temukan vitamin C dan E pada buah dan sayur-sayuran. Misalnya, vitamin C yang terdapat pada buah jeruk, kiwi, pepaya, stroberi, dan lain sebagainya. Sedangkan, vitamin E bisa Anda dapatkan dari segala jenis sayuran yang berwarna hijau.

tips kesehatan, tips kesehatan wanita, mencegah varises, mencegah varises pada kaki wanita, varises pada kaki

Mencegah varises – Ist

3. Menjaga berat badan

Usahakan agar Anda selalu memiliki berat badan yang seimbang. Ketahuilah bahwa salah satu penyebab varises adalah kegemukan karena kaki terlalu berat menopang tubuh. Oleh karena itu, Anda harus memiliki berat badan yang seimbang agar kaki tak terlalu berat menopang tubuh.

Baca juga: Cara Mendapatkan Tubuh Indah Tanpa Merasa Tersiksa

4. Olahraga

Berolahraga memang sangat disarankan untuk mendapatkan tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Luangkanlah waktu untuk berolahraga setiap hari kurang lebih selama 1 jam. Tak perlu melakukan olahraga yang berat. Dengan berjalan santai atau jogging juga bisa membantu Anda agar tak mengalami varises.

Itulah cara mencegah varises pada kaki wanita. Jika tak ingin mengalami varises, maka lakukan pencegahannya mulai saat ini. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidur dengan posisi kaki ke atas atau lebih tinggi dari jantung.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Varises

(NR)

Comment di sini