Cara Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

by
September 19th, 2013 at 2:55 pm

CiriCara.com – Anda memiliki kulit wajah berminyak? Kulit wajah yang berminyak terkadang membuat seseorang, terlebih wanita jadi kurang percaya diri karena terlihat mengkilap.

tips kecantikan, cara mengurangi minyak berlebih di wajah, wajah berminyak, minyak di wajah, kulit wajah berminyak

Memakai foundation bubuk – Ist

Kulit memang memproduksi minyak yang disebut dengan sebum sehingga membuat kulit tetap kenyal dan sehat. Selain itu, sebum juga melindungi kulit dari bahya lingkungan luar, seperti polusi, matahari, dan AC. Akan tetapi, jika minyak yang diproduksi berlebihan tentunya membuat wajah jadi mengkilap.

Kulit wajah yang terlalu berminyak terkadang juga rentan sekali tumbuh jerawat. Dengan begitu, banyak para wanita yang ingin sekali mengurangi minyak di wajahnya.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Wajah Berminyak

Bagaimana cara mengurangi minyak di wajah? Dilansir dari Wolipop.Detik.com, berikut cara mengurangi minyak berlebih di wajah:

1. Pilih pembersih wajah yang tepat

Untuk merawat kulit wajah yang berminyak, sebaiknya Anda harus pintar-pintar memilih pembersih wajah. Pilihlah pembersih yang mengandung salicylic acid atau purifying clay yang aman digunakan setiap hari untuk menutup pori-pori yang besar dan terhindar dari minyak berlebih.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Sabun Pembersih Wajah

2. Pakai sunblock

Ketahuilah bahwa kulit wajah yang berminyak tak boleh terkena prpoduk kosmetik dengan tekstur krim terlalu banyak. Untuk perawatan siang hari, sebaiknya Anda memakai sunblock mineral dan tak perlu lagi memakai moisturizer. Pakaikan sunblock ke wajah hingga leher untuk mengontrol minyak berlebih dan melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Pakai foundation bertekstur bubuk

tips kecantikan, cara mengurangi minyak berlebih di wajah, wajah berminyak, minyak di wajah, kulit wajah berminyak

Mengonsumsi vitamin A – Ist

Foundation dengan tekstur creamy hanya akan membuat wajah Anda semakin terlihat berminyak. Oleh karena itu, pilihlah foundation yang bertekstur bubuk sehingga bisa menyerap kelebihan minyak sekaligus meratakan warna kulit hingga ke leher.

4. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Saat wajah berminyak, orang cenderung untuk mencucinya. Padahal, terlalu sering mencuci wajah malah akan membuat kulit jadi memproduksi minyak lebih banyak lagi. Mencuci wajah disarankan hanya sehari 2 kali saja. Untuk mengurangi minyak di wajah, lebih baik Anda memakai kertas penyerap minyak saja.

5. Cermat memilih makanan

Kulit wajah yang berminyak berlebihan juga bisa disebabkan oleh makanan pedas dan junk food. Oleh karena itu, Abda harus cermat memilih makanan. Pilihlah makanan yang kaya akan vitamin A untuk memperlambat produksi minyak.

Itulah cara mengurangi minyak berlebih di wajah. Tak mau kan wajah menjadi mengkilap? Oleh karena itu, coba kurangi minyak di wajah dengan cara di atas agar penampilan Anda lebih percaya diri. (NR)

Comment di sini