Diprotes Jadi Duta Besar, Ini Kata Foke

by
September 19th, 2013 at 11:15 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pencalonan Fauzi Bowo atau yang akrab disapa Foke menjadi Duta Besar Indoneisa untuk Jerman ternyata tidak mendapat restu dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Jerman. Foke dinilai tidak memenuhi kriteria kelayakan.

foke alias fauzi bowo

Fauzi Bowo – The Jakarta Post

Berkaitan dengan protes PPI Jerman, Foke yang juga merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu menganggapnya sebagai hal yang wajar. Menurutnya, perbedaan pendapat sudah menjadi hal yang biasa dalam dunia demokrasi.

“Dalam alam demokrasi, siapa pun punya hak dan kebebasan untuk menyatakan pendapat,” kata Foke, seperti dikutip dari Tempo.co, Kamis (19/9/2013).

Foke menilai penolakan PPI Jerman terhadap dirinya itu sah-sah saja. Namun menurutnya, keputusan mengenai jadi atau tidaknya dirinya menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jerman itu merupakan kewenangan dari pemerintah dan juga DPR.

Foke pun mengaku tidak mengetahui alasan kenapa pemerintah memilihnya menjadi duta besar (Dubes) untuk Jerman. Namun jika terpilih jadi Dubes untuk Jerman, Foke mengaku akan bekerja dengan baik demi negara.

“Ini untuk kebaikan bangsa dan negara,” katanya.

Sebelumnya, PPI Jerman sudah membuat surat pernyataan menolak rencana penunjukan Foke menjadi Duta Besar Indonesia untuk Jerman. Foke dianggap masih belum cocok untuk mengemban tugas sebagai duta besar.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua menilai bahwa Foke merupakan orang yang tepat menjadi Dubes untuk Jerman. Pasalnya, Foke merupakan tokoh Indonesia yang sudah berpengalaman di Jerman.

“Dia (Foke) menguasai permasalahan di sana (Jerman),” kata Max.

Mengenai penolakan PPI Jerman, Max menganggapnya sebagai hal yang sudah biasa terjadi. Pasalnya, penolakan juga pernah dilakukan PPI Jerman terhadap anggota DPR yang akan melakukan kunjungan kerja ke Jerman.

“Komisi I DPR saja mau ke sana ditolak,” tutur Max.

(YG)

Comment di sini