Jokowi: Mobil Murah Itu Nggak Benar!

by
September 19th, 2013 at 3:40 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi kembali menegaskan bahwa dirinya menolak kebijakan mobil murah yang dibuat pemerintah. Menurutnya kebijakan mobil murah ramah ligkungan (LCGC) itu masih tidak tepat.

jokowi mobil murah

Jokowi – Tempo.co

“Mobil murah itu nggak benar!” tegas Jokowi usai bertemu dengan para kepala daerah ibukota negara ASEAN di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (19/9/2013).

Menurut Jokowi, mobil murah hanya akan membuat kondisi jalan di Jakarta jadi semakin macet. Jokowi juga sangat yakin mobil murah itu akan banyak dibeli oleh orang Jakarta. Hal ini tentu akan membuat jalan di Jakarta jadi bertambah padat.

“Lihat saja nanti pelaksanaannya, siapa yang paling banyak beli, pasti warga Jabodetabek,” ujar mantan wali kota Solo itu.

Jokowi juga menjelaskan bahwa seharusnya pemerintah lebih memikirkan untuk menyediakan transportasi umum yang nyaman dan murah, bukan mobil murah. Dengan begitu jumlah pengguna kendaraan pribadi akan bisa ditekan.

“Pemerintah itu harusnya menyiapkan transportasi murah, transportasi massal yang murah buat rakyat,” jelas Jokowi.

Meskipun menolak, Jokowi mengaku tidak bisa membatalkan kebijakan mobil murah tersebut. Pasalnya, kebijakan mobil murah itu sudah menjadi kebijakan untuk seluruh wilayah Indonesia atau sudah bersifat kebijakan nasional.

Untuk mencegah dampak buruk dari kebijakan mobil murah tersebut, Jokowi pun akan mulai menerapkan sejumlah kebijakan khusus untuk pengendara di DKI Jakarta. Seperti diketahui, Jokowi sudah menyiapkan tiga kebijakan untuk menangkal kemacetan di Jakarta.

Saat ini, Jokowi berencana untuk menambah jumlah angkutan massal dengan jalur khusus. Sementara untuk kebijakan nomor polisi ganjil-genap dan Electronic Road Pricing (ERP) masih akan dievaluasi sebelum diterapkan.

(YG)

Comment di sini