Perbandingan Head to Head BBM vs WhatsApp (bag. 1)

by
September 19th, 2013 at 9:43 am

CiriCara.com – BlackBerry resmi mengumumkan bahwa aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) akan mendarat di iPhone dan perangkat Android mulai 21 September 2013.

BBM vs WhatsApp, BBM android, bbm di android, bbm apk

BBM vs WhatsApp – Ist

Kepastian kehadiran BBM di smartphone berplatform non-BlackBerry tentu saja membuat aplikasi pesan lain yang sudah ada merasa was-was. Salah satunya adalah WhatsApp. Sejak muncul pada 2009, aplikasi ciptaan Brian Acton dan Jan Koum ini menarik banyak perhatian pengguna smartphone.

Per 6 Agustus 2013, WhatsApp disebut digunakan oleh sekitar 300 juta pengguna aktif. WhatsApp amat populer karena kompatibel dengan sistem operasi Android, BlackBerry, iOS, Series 40, Symbian, dan Windows Phone.

Baca jugaFoto: Tampilan BBM di Perangkat Android

Dengan hadirnya BBM di platform Android dan iOS, apakah WhatsApp akan terdepak? Simak perbandingan antara BBM dan WhatsApp seperti dilansir Crackberry di bawah ini:

1. Pengesetan

WhatsApp:
WhatsApp hanya memerlukan nomor telepon untuk bisa dijalankan. Pengguna akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim lewat pesan singkat dan aplikasi WhatsApp tinggal melakukan pemindaian. Tidak ada sistem “menambahkan teman” di WhatsApp karena aplikasi ini otomatis mendeteksi nomor yang telah terdaftar di basis data. Namun, jika pengguna ingin menggunakan perangkat lain, dia harus memasukkan kartu SIM yang sebelumnya telah terdaftar.

BBM:
Pengguna BBM memiliki PIN yang berguna sebagai identitas kontak. PIN bisa didapat setelah mendaftarkan BlackBerry ID yang kemudian harus diaktifkan dengan cara mengklik tautan yang dikirim lewat surel. Kelemahannya, pengguna harus memasukkan PIN kontaknya satu per satu untuk menambahkan teman. Tapi PIN yang unik ini lebih mudah untuk dijadikan identitas karena tidak tergantung pada kartu SIM yang bisa berpindah kepemilikan.

Baca jugaPanduan Penggunaan BBM di Android dan iOS Beredar di Internet

2. Obrolan teks

WhatsApp:
Pengguna WhatsApp tidak dapat mengetahui secara pasti apakah pesannya sudah dibaca atau belum oleh orang yang dikirimi. Memang ada fitur “Last seen” yang menunjukkan kapan pengguna terakhir kali membuka WhatsApp. Namun itu tidak lantas memastikan bahwa si pengguna sudah melihat layar yang berisi pesan pengirim. Bisa saja dia melihat pesan yang dikirim orang lain.

BBM:
BBM punya fitur pemberitahuan bahwa pesan sudah dibaca oleh orang yang dikirimi pesan berupa kata “read”. Dalam hal ini, BBM tampaknya selangkah lebih baik daripada WhatsApp. Namun kedua aplikasi punya fitur lain yang hampir sama dalam hal obrolan teks, seperti obrolan grup, pengarsipan obrolan, dan pembersihan obrolan.

3. Berbagi fail

WhatsApp hanya membolehkan penggunanya berbagi fail berupa gambar dan video. Sementara itu, pengguna BBM bisa saling berkirim fail apapun. Namun, di dalam grup BBM, fail yang bisa dibagikan hanya gambar. Tapi gambar di gup bisa ditambahi takarir, komentar dan mekansime voting.

(hp)

Comment di sini