Perbandingan Head to Head BBM vs WhatsApp (bag. 2)

by
September 19th, 2013 at 10:01 am

CiriCara.com – BlackBerry resmi mengumumkan bahwa aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) akan mendarat di iPhone dan perangkat Android mulai 21 September 2013. Kehadiran BBM membuat aplikasi WhatsApp was-was.

BBM vs WhatsApp, BBM android, bbm di android, bbm apk

BBM vs WhatsApp – Crackberry

Simak perbandingan head to head WhatsApp vs BBM bagian 1 di sini. Di bawah ini adalah lanjutan perbandingan kedua aplikasi pesan tersebut:

4. Obrolan grup

Baik BBM maupun WhatsApp punya fitur obrolan grup, namun BBM menawarkan fitur lebih banyak. Obrolan grup di BBM bisa digunakan untuk mengakses beberapa obrolan yang terpisah sehingga bagus untuk grup yang beranggotakan banyak orang.

Tapi, fitur yang paling menonjol adalah BBM Channel. Dengan menggunakan BBM Channel, kita bisa mendaftarkan diri ke saluran yang kerap mengirim pesan broadcast ke grup tersebut. Sayangya, fitur ini belum tersedia di BBM yang akan diluncurkan di Android dan iOS.

Baca jugaFoto: Tampilan BBM di Perangkat Android

5. Obrolan video dan audio

Pengguna BBM dan WhatsApp bisa saling bertukar audio dan video, namun BBM punya fitur BBM Voice yang bisa diakses dengan cepat. Fitur catatan suara yang dimiliki WhatsApp sering lambat diterima. Tapi, kedua aplikasi ini belum mendukung obrolan video langsung. Tapi, BBM punya fitur obrolan video yang lebih stabil dan ada fitur baru yang bisa membuat penggunanya berbagi layar. Namun, fitur ini belum dihadirkan pada semua platform.

6. Emosikon

WhatsApp:
Pengguna punya 189 pilihan emosikon. Selain itu, pengguna juga bisa memodifikasi tampilan gambar untuk jendela obrolan dengan memilih latar sesuai keinginan penggunanya.

BBM:
BBM hanya punya 90 emosikon, namun ada lebih dari 600 emosikon tersembunyi yang bisa digunakan jika pengguna tahu kodenya. Pengguna juga bisa menambahkan emosikon sendiri dengan mengunduh aplikasi khusus. Untuk menyuruh orang lekas membalas pesan, pengguna juga bisa menggunakan fitur PING.

Baca jugaPanduan Penggunaan BBM di Android dan iOS Beredar di Internet

7. Notifikasi dan profil

Baik BBM ataupun WhatsApp punya fitur kedipan cahaya, suara, dan getaran sebagai notifikasi ketika ada pesan masuk. Keduanya juga mengizinkan penggunanya untuk menulis status dan mengisi profil sendiri. Namun, pengguna BBM bisa menambahkan ikon “sibuk” pada statusnya. Selain itu, pengguna BBM juga bisa menambahkan informasi tentang musik apa yang sedang didengarkan di aplikasi pemutar musik serta tautan ke aplikasi lain, seperti Foursquare.

(hp)

Comment di sini