5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah

by
September 20th, 2013 at 11:23 am

CiriCara.com – Salah satu buah yang memiliki warna oranye kemerahan ini sangat mudah sekali ditemukan. Biasanya, orang menggunakan buah ini untuk dijadikan saus, pelengkap makanan, dijus, bahkan dikonsumsi secara langsung.

manfaat tomat, tips kecantikan, manfaat tomat untuk kulit wajah, manfaat tomat untuk kecantikan, mafaat tomat bagi perempuan, tomat, buah tomat

Ist

Bagi Anda yang biasa mengonsumsi tomat, apakah tahu apa saja khasiat yang bisa didapat? Buah yang berbentuk bulat ini kaya akan vitamin A dan C. Jika sering mengonsumsinya, maka Anda akan mendapatkan khasiat untuk kesehatan.

Mengonsumsi tomat bisa mencegah kanker, membuat jantung lebih sehat, melancarnakan pencernaan, dan baik untuk kesehatan mata. Selain untuk kesehatan, ternyata buah tomat juga bisa dimanfaatkan untuk membuat wajah Anda jadi cantik.

Ada beberapa khasiat yang bisa diambil dari tomat untuk kulit wajah. Apa saja manfaatnya? Mari simak 5 manfaat tomat untuk kulit wajah:

1. Sebagai tabir surya alami

Tomat bisa Anda gunakan sebagai tabir surya alami. Tabir surya alami ini untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang panas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tomat jika kulit wajah mengalami peradangan karena terbakar sinar matahari. Caranya cukup mudah yaitu Anda menghancurkan buah tomat dahulu, lalu langsung dibalurkan ke wajah.

2. Mengatasi jerawat

Tomat bisa menjadi ramuan alami yang baik untuk mengatasi jerawat. Keasaman pada buah tomat membantu Anda mengurangi dan membersihkan jerawat pada wajah. Caranya, Anda bisa mencuci tomat hingga bersih terlebih dahulu, lalu iris tipis-tipis dan tempelkan pada wajah. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya setiap hari sebelum tidur.

3. Mengatasi kulit berminyak

manfaat tomat, tips kecantikan, manfaat tomat untuk kulit wajah, manfaat tomat untuk kecantikan, mafaat tomat bagi perempuan, tomat, buah tomat

Tomat untuk kecantikan – Ist

Kulit berminyak terkadang menjadi sebuah permasalahan yang besar bagi sejumlah orang. Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa mengatasinya dengan buah tomat. Caranya yaitu blender tomat segar, lalu saring dan ambil sarinya. Kemudian, campurkan dengan sedikit jus mentimun dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 20-30 menit, lalu Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

Baca juga: Manfaat MKentimun Bagi Perempuan

4. Mengatasi pori-pori besar

Memiliki pori-pori besar tentunya memudahkan kotoran masuk ke dalam kulit wajah sehingga menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, atasi pori-porio besar pada wajah dengan memakai tomat. Caranya, ambil satu sendok makan jus tomat segar, lalu tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis. Setelah itu, pakailah kapan untuk mengoleskan ramuan itu ke wajah sambil dipijat-pijat. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa melakukannya stiap hari atau 2 hari sekali.

5. Mencerahkan kulit dan mengatasi komedo

Khasiat lain yang bisa Anda dapat dari tomat adalah kulit bisa menjadi lebih cerah dan komedo hilang. Caranya Anda bisa langsung memblender-nya lalu dioleskan langsung ke wajah. Tapi, jika dicampurkan dengan alpukat bisa berkhasiat sebagai pelembap alami dan memiliki zat anti kuman sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak dan kering.

Itulah khasiat tomat untuk kulit wajah. Bagaimana, apakah Anda mau menggunakannya untuk kulit wajah? Ketahuilah bahwa bahan-bahan alami untuk kecantikan lebih aman digunakan daripada produk kecantikan yang beredar di pasaran. Namun, Anda harus bersabar untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga: 5 Masker Alami dari Buah-buahan di Sekitar Anda

(NR)

Comment di sini