Penyebab Sariawan yang Perlu Anda Ketahui

by
September 20th, 2013 at 1:30 pm

CiriCara.com – Terkadang, sariawan muncul begitu saja di bibir atau mulut. Entah apa penyebabnya, tapi biasanya orang baru sadar setelah timbul rasa sakit.

sariawan, penyebab sariawan, sariawan pada mulut, 5 penyebab sariawan, tips kesehatan

Ilustrasi sariawan pada mulut – Ist

Sariawan nampaknya sering dialami oleh sebagian besar orang. Memang bukan penyakit yang mematikan, tapi jika mengalaminya cukup membuat aktivitas terganggu. Misalnya, jadi sulit bicara, makan, dan lain sebagainya.

Sariawan yang tidak cepat diobati biasanya akan semakin membesar dan penyembuhannya pun akan sangat lama. Akibatnya, si penderita akan merasa kesakitan yang cukup lama hingga membuatnya jadi tidak enak makan, berbicara, dan hal lain yang menggunakan mulut.

Lalu, kenapa sariawan itu bisa mucul di mulut atau bibir? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa menyimak 5 penyebab sariawan yang perlu Anda ketahui berikut ini:

1. Makanan pedas

Sejumlah orang sangat menyukai makanan pedas. Apapun makanannya harus disertai sengan sambal agar terasa pedas. Makanan pedas memang menggugah selera, tapi ketahuilah bahwa suhu tubuh akan meningkat. Suhu tubuh yang meningkat merupakan salah satu penyebab sariawan.

2. Gigitan

Penyebab lain yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah gigitan. Saat sedang makan, tiba-tiba bibir atau bagian dalam mulut tergigit. Tergigit saat makan dikarenakan Anda makan terlalu cepat. Jika sudah tergigit seperti itu, maka sariawan akan timbul. Alangkah baiknya, Anda makan pelan-pelan saja agar tak tergigit dan bisa menikmati makanan itu.

sariawan, penyebab sariawan, sariawan pada mulut, 5 penyebab sariawan, tips kesehatan

Sariawan – Ist

3. Makanan yang masih panas

Selain makanan pedas, makanan yang masih panas juga bisa menyebabkan sariawan pada mulut. Jika Anda melahap segala makanan yang masih panas, maka bisa membuat mulut terbakar dan menjadi luka. Dengan begitu akan timbul rasa sakit pada mulut karena sariawan.

4. Sikat gigi

Penyebab lain sariawan adalah sikat gigi. Sariawan bisa saja Anda alami jika menyikat gigi terlalu kuat sehingga melukai sedikit organ dalam bagian mulut. Jika luka tak diobati segera, maka bisa menimbulkan sariawan hingga membuat Anda tak enak makan dan berbicara.

5. Alergi dan sesitivitas

Sariawan bisa saja Anda alami karena sensitivitas jaringan mulut terhadap beberapa bahan pokok yang ada dalam pada pata gigi, obat kumur, lipstik, permen karet, bahan tambalan, serta bahan makanan lainnya.

Itulah 5 penyebab sariawan yang perlu Anda ketahui. Jadi, jika tak ingin mengalami sariawan, maka jaga kesehatan mulut dengan baik dan jangan sampai melakukan beberapa penyebab di atas. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin C yang terdapat pada buah dan sayur-sayuran.

Baca juga: Cara Cepat Mengobati Sariawan

(NR)

Comment di sini