Buruh PLN Ancam Padamkan Listrik Jakarta

by
September 23rd, 2013 at 1:39 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Buruh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang kini masih berstatus pegawai outsourcing menuntut untuk diangkat menjadi pegawai tetap. Mereka juga mengancam akan mematikan listrik di Jakarta jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

pekerja pln

Buruh PLN – Tempo.co

Koordinator Aksi Gerakan Bersama Pekerjaan Outsourcing BUMN Yudi Winarno menuturkan bahwa target utama pemadaman listrik itu adalah gedung-gedung pemerintahan. Seperti, gedung Istana Negara, Gedung DPR/MPR, Balaikota dan sejumlah kementerian.

“Tidak menutup kemungkinan kami padamkan listrik seluruh Jakarta,” kata Yudi, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (23/9/2013).

Baca juga: 7 Tuntutan Buruh

Menurut Yudi, kontrak kerja yang diberikan pihak PLN sudah melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Itulah sebabnya, Yudi menuntut agar pihak BUMN segera menghapus sistem kerja outsourcing.

Yudi pun menjelaskan bahwa saat ini ada 70.000 buruh PLN yang masih berstatus pegawai outsourcing. Padahal, kebanyakan mereka sudah bekerja selama puluhan tahun. “Makanya, kita tuntut kepastian pemerintah,” jelas Yudi.

Yudi juga menyesalkan penugasan buruh outsourcing PLN ke bagian pekerjaan inti. Padahal menurutnya, buruh outsourcing itu seharusnya tidak mengerjakan hal-hal inti karena tidak mendapat jaminan dari PLN.

Sementara itu, pihak DPR RI telah membentuk panitia kerja (Panja) untuk mengatasi masalah outsourcing di BUMN. Namun, hingga saat ini Panja masih belum memberikan keputusan mengenai masalah outsourcing tersebut.

Karena masih belum mendapat kepastian dari Dirut PLN, para buruh outsorcing PLN itu pun berencana untuk melakukan aksi mogok masal. Aksi ini akan dilakukan bersamaan dengan aksi mogok nasional Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pada 30 Oktober 2013.

(YG)

Comment di sini