Marzuki Alie Klaim Timnas U-19 Juara Berkat Dirinya dan SBY

by
September 23rd, 2013 at 3:41 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kemenangan tim nasional (Timnas) U-19 Indonesia di laga final Piala AFF U-19 tahun 2013 lawan Vietnam memang membuat bangga seluruh rakyat Indonesia. Hal yang sama juga dirasakan oleh Ketua DPR Marzuki Alie.

marzuki alie dpr

Marzuki Alie – Ist

Menurut Marzuki, kemenangan Timnas U-19 itu berkat Liga Pendidikan Indonesia (LPI) yang digagasnya pada tahun 2009 silam. Marzuki juga mengklaim bahwa sebagian besar pemain Timnas U-19 adalah jebolan LPI.

“Kemenangan ini bukan kerja singkat, tapi melalui proses kompetisi yang sudah berjalan hampir empat tahun yang dilakukan oleh LPI,” ujar Marzuki melalui pesan singkat, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (23/9/2013).

Marzuki menjelaskan bahwa LPI itu diikuti oleh pelajar tingkat SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Menurutnya, saat ini sudah ada 8.000 sekolah yang sudah ikut serta dalam kompetisi LPI bentukannya itu.

“Target kami 15.000 sekolah yang ikut kompetisi rutin tahunan. Pemain terbaik dari LPI kami kirim untuk sekolah ke negara-negara yang maju sepakbolanya, tahun ini ke Spanyol,” jelas Marzuki.

Marzuki mengklaim bahwa dirinya adalah penggagas ide membentuk LPI yang kemudian disahkan oleh Presiden SBY. “LPI ini saya gagas tahun 2009 yang dibuka oleh SBY,” klaim Marzuki yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini.

Marzuki pun menegaskan bahwa LPI merupakan lembaga resmi pendidikan sepakbola junior satu-satunya di Indonesia. Menurutnya, LPI bisa terselenggara dengan baik atas kerjasama dengan pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Seperti diketahui Timnas U-19 berhasil menjadi juara Piala AFF 2013 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6 lewat drama adu penalti. Kemenangan tim asuhan pelatih Indra Sjafri ini menjadi sejarah baru untuk dunia sepakbola Indonesia.

(YG)

Comment di sini