Setelah 22 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Juara

by
September 23rd, 2013 at 9:13 am

Sidoarjo (CiriCara.com) – Tim nasional U-19 Indonesia berhasil mengukir sejarah baru dunia sepakbola di Tanah Air. Tim nasional besutan Indra Sjafri itu akhirnya bisa menjadi juara di Piala AFF U-19 tahun 2013. Gelar juara ini menjadi yang pertama setelah 22 tahun puasa gelar.

timnas Indonesia

Timnas U-19 Indonesia – Ist

Piala AFF U-19 itu sendiri sudah digelar sebanyak 10 kali (termasuk tahun 2013 ini). Namun dari sembilan turnamen sebelumnya, Indonesia U-19 tidak pernah lolos menjadi finalis maupun semifinalis. Baru pada tahun 2013 ini Indonesia U-19 sukses menjadi juara.

Pada tahun 2005, Indonesia U-19 bahkan tidak lolos dari babak fase grup. Indonesia hanya mampu berada di urutan ke-3 grup, di bawah Myanmar dan Malaysia. Hal ini sangat mengecewakan karena saat itu Indonesia menjadi tuan rumah.

Sementara itu di SEA Games 1997, Indonesia senior berhasil lolos ke final namun gagal meraih gelar juara. Pada turnamen Piala AFF 2010, Indonesia senior juga gagal jadi juara setelah kalah dari Malaysia di babak final.

Tim nasional Indonesia tercatat berhasil menjadi juara di SEA Games pada tahun 1991 atau 22 tahun lalu. Kemenangan tim nasional U-19 Indonesia ini menjadi kemenangan yang pertama setelah 22 tahun Indonesia tidak pernah berhasil jadi juara.

Tim nasional U-19 Indonesia sendiri berhasil menjadi juara melalui babak adu penalti melawan Vietnam. Pada laga final yang digelar Minggu (23/9/2013) malam WIB itu, Indonesia hanya bisa bermain imbang 0-0 hingga babak tambahan.

Di babak adu penalti, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6. Gol penentu tim nasional Indonesia dicetak oleh Ilham Udin Armayin. Penampilan cemerlang Ravi Murdianto dalam menjaga gawang Indonesia juga menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan skuad Garuda Muda.

Sebelumnya, tim nasional Indonesia juga telah sukses mengalahkan Timor Leste. Di pertandingan terakhir babak fase grup, tim nasional Indonesia hanya bisa bermain imbang dengan Malaysia.

(YG)

Comment di sini