Alasan BlackBerry Tunda BBM Android & iOS

by
September 24th, 2013 at 1:39 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Rencana perilisan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS (iPhone) pada 21-22 September 2013 akhirnya ditunda. Pihak BlackBerry kembali memutuskan untuk menarik aplikasi BBM dari pasaran. Kenapa?

bbm android

BBM Android & iOS – Ist

Andrew Bocking, Head of BBM di BlackBerry mengungkapkan bahwa penundaan tersebut terjadi karena banyaknya aplikasi BBM tidak resmi yang beredar di berbagai situs internet. Menurutnya, aplikasi BBM tidak resmi itu berpotensi mengganggu sistem BBM resmi.

“Kami khawatir aplikasi BBM untuk Android yang tidak resmi ini akan menimbulkan isu (masalah),” jelas Bocking dalam keterangannya di blog resmi BlackBerry, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (24/9/2013).

Bocking menjelaskan bahwa grafik pengguna BBM tidak resmi itu terus meningkat dengan cepat seiring rencana perilisan BBM Android (resmi) pada Sabtu (21/9/2013) lalu. Untuk mencegah masalah berkelanjutan, alhasil BlackBerry pun mengumumkan penundaannya.

“Pengguna aktif dari aplikasi (BBM ilegal) tersebut mendekati 1 juta dan terus bertambah,” jelas Bocking.

Bocking mengungkapkan bahwa pihaknya kualahan dalam menangani masalah yang disebabkan oleh BBM tidak resmi. Penundaan peluncuran BBM untuk Android dan iOS pun menjadi cara terakhir BlackBerry untuk mengatasi masalah tersebut.

Seperti diketahui, BBM Android awalnya akan dirilis pada hari Sabtu, 21 September 2013. Sementara untuk iOS, BBM resmi akan dirilis pada hari Minggu, 22 September 2013. Namun belum juga keluar secara resmi, BBM tidak resmi versi apk malah sudah banyak beredar.

Sejumlah pengguna Android mulai mengunduh BBM tidak resmi dan akhirnya mengakibatkan kekacauan di sistem BBM. BBM resmi yang tadinya sudah muncul di App Store pun akhirnya ditarik kembali oleh pihak BlackBerry.

Hingga saat ini, pihak BlackBerry belum memberitahukan sampai kapan penundaan itu akan dilakukan. Pasalnya, BlackBerry masih terus melakukan perbaikan agar tidak terjadi kesalahan lagi di saat perilisan nanti.

(YG)

Comment di sini