Ciri-ciri Anda Alergi pada Kosmetik

by
September 24th, 2013 at 3:57 pm

CiriCara.com – Apakah Anda termasuk wanita yang sering memakai kosmetik? Jika iya, maka Anda harus pintar-pintar memilih kosmetik yang akan dipakai. Terkadang, salah memilih kosmetik malah akan membuat kulit wajah menjadi alergi, bahkan rusak.

tips kecantikan, alergi kosmetik, ciri Anda alergi pada kosmetik, kosmetik, kecantikan wanita

Ist

Lalu, pernahkah Anda merasa kulit terasa gatal saat memakai kosmetik? Jika iya, maka berhati-hatilah. Bisa jadi kulit Anda alergi terhadap kosmetik yang dipakai. Nampaknya, masih belum banyak orang yang mengetahui alergi kulit seperti apa.

Tiba-tiba, kulit menjadi parah dan menderita peradangan. Padahal, alergi kosmetik bisa Anda rasakan saat beberapa saat setelah mengaplikasikan kosmetik. Ketahuilah bahwa alergi pada kosmetik bisa saja disebabkan karena kosmetik itu tak cocok dengan kulit atau kosmetik mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

Baca juga: 6 Bahaya Kosmetik Bermerkuri Bagi Kesehatan

Jika Anda mengalami beberapa ciwi kulit alergi, maka lebih baik hentikan atau ganti kosmetik yang saat ini dipakai. Lalu, bagaimana ciri-cirinya kalau kita alergi kosmetik?

Berikut ciri-ciri Anda alergi kosmetik:

1. Kulit wajah kemerahan

Ciri pertama yang muncul saat kulit alergi adalah kulit wajah kemerahan. Kemerahan akan muncul setelah beberapa menit Anda mengaplikasikan kosmetik pada wajah. Sebelum kemerahan, mungkin Anda akan merasakan sedikit gatal atau panas, kemudian munculah kemerahan di wajah.

2. Bengkak pada mata

tips kecantikan, alergi kosmetik, ciri Anda alergi pada kosmetik, kosmetik, kecantikan wanita

Memakai kosmetik – Ist

Bengkak pada mata bisa saja Anda alami jika mengaplikasikan kosmetik di area kelopak mata. Entah itu eyeliner, eyeshadow, atau maskara yang bisa menyebabkan bagian kulit di sekitar mata terlihat bengkak. Namun, tak menutup kemungkinan juga akan bengkak pada bagian wajah yang lain jika produk yang Anda gunakan berbeda.

3. Masalah pada mata

Mata Anda terasa gatal, kemerahan, seringkali meneteskan air mata, dan kelopak mata terasa tebal. Pernahkah meraskan seperti itu? Hal tersebut bisa saja Anda lami jika tak cocok pada eyeliner atau maskara.

Itulah ciri-ciri Anda alergi pada kosmetik. Jika sudah mengalami salah satu ciri di atas, maka sebaiknya hentikan untuk memakainya. Untuk menghindari terkena alergi, sebaiknya Anda pintar memilih kosmetik, mengganti alat make up setiap 3-6 bulan sekali, dan membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan make up. Jika alergi tersebut tak kunjung hilang dalam waktu dua hari, maka sebaiknya Anda segera berkonsultansi pada dokter kulit.

Baca juga: Cara Cerdas Belanja Produk Kecantikan Kulit

(NR)

Comment di sini