Di Tulungagung Foto Bupati Wajib Dibeli

by
September 24th, 2013 at 10:16 am

Tulungagung (CiriCara.com) – Semua kantor pemerintah di Tulungagung, Jawa Timur diwajibkan untuk membeli foto pasangan Bupati Syahri Mulyo beserta Wakil Bupati Maryoto Bhirowo. Foto tersebut harus dibeli di bagian Humas Bupati dengan harga Rp 225 ribu.

bupati tulungagung

Bupati Syahri Mulyo dilantik – Ist

Menurut Kabag Humas dan Protokoler Pemda Tulungagung Santoso mengatakan bahwa kebijakan “wajib beli foto bupati” itu merupakan kebijakan dari bupati sendiri. “Kami hanya melaksanakan,” jelas Santoso, seperti dikutip dari Merdeka.com, Selasa (24/9/2013).

Santoso menjelaskan bahwa Bupati Syahri yang baru dilantik pada akhir Maret 2013 itu sengaja membuat kebijakan tersebut untuk beberapa tujuan. Saat ini pihaknya masih dalam proses pendataan.

“Salah satunya sebagai media informasi kepada masyarakat dan seluruh SKPD, terkait pejabat bupati dan wakil bupati yang baru,” jelas Santoso.

Baca juga: Isu Anggota DPRD Selingkuh dengan Istri Dokter.

Mengenai alasan penjualan foto bupati dan wakil bupati, Santoso berkilah bahwa hal itu terpaksa dilakukan karena belum masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 maupun Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Daerah.

Sementara itu, aktivis Partai Nasional Demokrasi Mohammad Zaki menilai harga foto bupati dan wakil bupati itu tidak rasional. Menurutnya, untuk mencetak dua lembar foto setengah badan lengkap dengan dua pigura kayu hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 150 ribu.

“Harga yang ditawarkan (Rp 225 ribu per set/pasang) sangat tidak logis dan terkesan mengada-ada,” kritik Mohammad Zaki yang juga merupakan penggiat lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Meski merupakan perintah langsung dari bupati, banyak pihak yang meminta agar kebijakan tersebut diaudit kembali. Zaki juga mendesak pihak kejaksaan untuk ikut mengawasi proses kebijakan beli foto tersebut.

(YG)

Comment di sini