Makanan Tepat untuk Bayi Berusia 6 – 12 Bulan

by
September 24th, 2013 at 11:34 am

CiriCara.com – Pada usia 0 – 4 bulan, kebutuhan gizi bayi masih bisa terpenuhi dari ASI. Namun, setelah lewat dari usia tersebut si bayi mulai membutuhkan makanan tambahan yang sesuai dengan kemampuan pencernaannya. Oleh karena itu, para orangtua disarankan untuk memberikan makanan yang tepat untuk si bayi.

tips keluarga, makanan tepat untuk bayi berusia 6-12 bulan, bayi, makanan bayi, 6 jenis makanan bayi

Memberikan makan bayi – Ist

Perlu Anda ketahui bahwa bayi tak makan banyak karena perut mereka yang kecil. Itulah sebabnya kenapa sangat penting untuk memastikan makanan yang mereka makan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan.

Selain itu, orangtua juga disarankan untuk memperkenalkan beragam makanan yang sehat sesuai dengan selera dan kebutuhannya.

Pada usia empat bulan, Anda sudah bisa memberikan makanan sari buah dan bubuk susu dengan tekstur cair. Sedangkan, pada usia 6 bulan ke atas bayi sudah mulai diperkenalkan dengan bubur susu yang agak kental.

Lalu, apa saja makanan yang tepat untuk bayi yang berusia 6-12 bulan? Dilansir dari Parents.com, berikut makanan tepat untuk bayi berusia 6 – 12 bulan:

1. Wortel

Wortel mengandung betakaroten dan antikosidan yang tinggi. Di dalam tubuh, betakaroten dikonversi menjadi vitamin A yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan penglihatan. Anda bisa mencampurkan wotel ke dalam nasi tim untuk si bayi.

Baca juga: Cara Membuat Nasi Tim untuk Bayi

2. Ubi jalar

Ubi jalar juga merupakan salah satu makanan tepat yang bisa diberikan untuk anak. Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang bisa mencegah beberapa kanker dan melindungi dari radikal bebas karena mengandung potasium, vitamin C, serat, dan sumber betakaroten yang sangat baik, dan antiokssidan.

3. Pisang

Pisang kaya akan karbohidrat yang menyediakan energi dan mengandung serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan si bayi.

tips keluarga, makanan tepat untuk bayi berusia 6-12 bulan, bayi, makanan bayi, 6 jenis makanan bayi

Si anak makan – Ist

4. Alpukat

Alpukat mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan buah lainnya. Alpukat memiliki kandungan protein paling tinggi dan kaya akan lemak tak jenuh yang bisa mencegah penyakit jantung. Jika Anda ingin memberikan si anak alpukat, maka sebaiknya dihancurkan terlebih dahulu hingga seperti bubur.

5. Telur

Telur sangat baik jika diberikan untuk bayi berusia 6-12 bulan. Putih telur kaya akan protein dan kuning telur menbgandung zinc, vitamin A, D, E, dan B12. Kuning telurnya juga mengandung kolin yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan otak si bayi.

6. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yaitu bakteri baik yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Memberikan bayi Anda kalsium, protein, dan phosphor baik untuk kekuatan, kesehatan, tulang, dan gigi.

Itulahah makanan tepat untuk bayi berusia 6-12 bulan. Dalam menyiapkan makanan untuk si bayi, Anda perlu memperhatikan kebutuhan gizi, vitamin, dan mineralnya. Jangan sampai asupannya di bawah standar kebutuhan karena mengganggu proses pertumbuhan dan kesehatan tubuhnya.

Baca juga: Cara Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

(NR)

Comment di sini