Jadi Polemik, MUI Sarankan Makam Uje Dipindahkan

by
September 25th, 2013 at 11:36 am

Jakarta (CiriCara.com) – Makam Ustadz Jefri Al Buchory tengah menjadi perhatian karena sejak direnovasi dari makam biasa menjadi makam yang megah.

Makam Uje yang sudah direnovasi

Makam Uje yang sudah direnovasi / Detik

Makam ustadz yang kerap dipanggil Uje itu terlihat mencolok dan berbeda dibanding dengan makam-makam lain di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Tengsin, Jakarta.

Keberadaan makam itu menimbulkan polemik di tengah keluarga karena Pipik Dian Irawati, selaku istri almarhum Uje tidak setuju dengan desain makam Uje yang dinilai terlalu mewah dan berlebihan. Sedangkan keluarga Uje, terutama Ummi Tatu, ibunda Uje sangat mendukung desain makam tersebut.

Selain menimbulkan perbedaan pendapat, makam tersebut dinilai telah menyalahi Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta. Karena polemik yang muncul tersebut, MUI menyarankan agar makam Uje dipindah ke lokasi lain.

“Saya kira makam tersebut dipindahkan saja oleh keluarga. Kalau menurutnya istimewa sendiri, ya dicari tempat tersendiri saja,” ungkap KH. H. Amidhan, Selasa, 24 September 2013 seperti dikutip oleh TabloidBintang.com.

Menurut Ketua MUI tersebut, pemugaran yang dilakukan terhadap makam Uje tidak bisa sembarang dilakukan karena harus didasari oleh niat yang tepat.

Awalnya, MUI juga kurang setuju dengan renovasi mewah yang dilakukan terhadap makam Uje. Menurut MUI pemugaran tersebut dinilai sangat berlebihan karena di Timur Tengah saja, makam yang dipermewah hanyalah makam periwayat hadist besar dan ulama dengan jasa luar biasa terhadap Islam.

Sementara itu bagi istri almarhum, pemugaran makam Uje justru menjadikan dirinya dan anak-anak sedih karena merasa desain makam tersebut tidak sesuai dengan kesederhanaan Uje semasa hidup. (RN)

Comment di sini