5 Fakta Mengerikan Tentang Perjalanan dalam Pesawat

by
September 26th, 2013 at 2:21 pm

CiriCara.com – Anda suka berpergian dengan menggunakan pesawat terbang? Pesawat terbang nampaknya kini menjadi pilihan beberapa orang untuk berpergian ke luar kota ataupun negeri. Selain harganya cukup terjangkau, berpergian dengan pesawat juga lebih cepat.

Baca juga: Cara Aman Berpergian Naik Pesawat

perjalanan menggunakan pesawat, fakta mengerikan saat perjalanan dalam pesawat, tips travel, tips berpergian, tips berpergian menggunakan pesawat

Penumpang pesawat – Shuuterstock / Merdeka

Sebelum masuk ke dalam pesawat, Anda harus melakukan check-in terlebih dahulu beberapa jam sebelumnya. Setelah itu, Anda juga harus menunggu di boarding room sampai ada informasi yang menyuruh Anda untuk masuk ke dalam pesawat.

Saat masuk ke dalam pesawat, Anda langsung berhadapan dengan berbagai instruksi yang diberikan oleh awak kabin. Sebelum pesawat lepas landas, Anda akan diminta untuk mematikan ponsel, menegakkan sandaran kursi, memakai safety belt, dan instruksi lainnya.

Melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan menggunakan pesawat bisa dikatakan menyenagkan. Tapi, apakah Anda mengetahui bahwa ada hal lain di balik perjalanan dalam pesawat itu?

Ternyata, ada fakta mengerikan tentang perjalanan pesawat yang perlu Anda ketahui. Apa saja faktanya? Mari simak fakta mengerikan tentang perjalanan dalam pesawat berikut ini:

1. Sebelas menit yang menegangkan

Penelitian menunjukkan bahwa sebelas menit itu merupakan waktu yang menegangkan dan sering mengalami kecelakaan pesawat. Waktu yang menegangkan itu adalah 3 menit setelah lepas landas dan 8b menit sebelum mendarat. Oleh karena itu, Anda harus tetap mendengarkan instruksi dari awak kabin.

2. Pesawat yang kurang bersih

Anda tentu mengetahui bahwa setiap maskapai penerbangan memiliki jadwal terbang yang padat. Dikarenakan terlalu padat jadwalnya, sampai-sampai tak ada waktu untuk membersihkan kabin dalam pesawat. Virus bisa saja menempel pada kursi dalam pesawat. Sebuah penelitian menemukan bahwa 60% meja lipat yang ada di dalam pesawat terdapat bakteri. Selain itu, hasil penelitian yang dimasukkan dalam Wall Street Journal juga menunjukkan bahwa selimut yang disediakan hanya dicuci setiap 5 – 30 hari sekali.

perjalanan menggunakan pesawat, fakta mengerikan saat perjalanan dalam pesawat, tips travel, tips berpergian, tips berpergian menggunakan pesawat

Instruksi awak kabin – Ist

3. Pilot tertidur saat membawa penumpang

Sekitar 54% para pilot di Inggris, Norwegia, dan Swedia mengaku bahwa tertidur saat menerbangkan pesawat. Lebih parahnya lagi, sepertiga dari mereka terbangun dan menemukan bahwa co-pilot juga tertidur.

4. Maskapai hemat bahan bakar

Sebuah penelitian di Spanyol menunjukkan bahwa beberapa maskapai penerbangan melaporkan bahwa mengudarakan makapainya dengan bahan bakar yang kurang dari yang seharusnya. Tujuannya adalah untuk menghemat biaya. Perusahaan maskapai penerbangan memberikan instruksi pada pilotnya untuk menerbangkan pesawatnya lebih lambat agar menghemat bahan bakar.

5. Anda dalam celaka jika tak duduk dekat pintu darurat

Kursi paling aman untuk penumpang adalah yang paling dekat dengan pintu darurat, 5 baris sebelum dan sesudah pintu darurat. Penumpang yang duduk di depan pesawat memiliki 65% kesempatan untuk selamat. Sedangkan mereka yang duduk di belakang pesawat hanya memiliki 53% kesempatan.

Itulah 5 fakta mengerikan tentang perjalanan dalam pesawat. Kemanapun Anda berpergian jika menggunakan pesawat, pastikan selalu memperhatikan instruksi dari awak kabin.

Bagaimana, apakah Anda akan tetap sering berpergian menggunakan pesawat terbang?

Baca juga: 10 Cara Ditendang Keluar dari Pesawat

(NR)

Huffington Post

Comment di sini