5 Penyebab Rambut Anda Rusak

by
September 26th, 2013 at 4:53 pm

CiriCara.com – Sebagian besar wanita biasanya mengalami kerusakan rambut, entah itu rontok, bercabang, rapuh, dan permasalahan rambut lainnya. Tak jarang, permasalahan rambut yang dialami itu cukup membuat mereka stres.

tips kecantikan, rambut rusak, penyebab rambut rusak, kerusakan rambut

Rambut rusak – Ist

Untuk mengatasi kerusakan rambut itu, banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya, memakai sampo yang tepat, creambath, memasker rambut dengan bahan alami, hair spa, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Pintar Memilih Sampo dan Kondisioner

Semua yang dilakukannya itu demi mendapatkan rambut yang indah dan sehat. Akan tetapi, kerusakan rambut bisa saja datang kembali walaupun Anda sudah melakukan perawatan dengan benar. Apa penyebabnya?

Berikut 5 penyebab kerusakan rambut yang perlu Anda ketahui:

1. Kualitas air jelek

Air yang bercampur dengan bahan kimia tertentu jika digunakan untuk mencuci rambut bisa menyebabkan kekeringan pada rambut. Akibatnya, rambut Anda akan terlihat kusam dan rapuh.

2. Sinar matahari

Rambut yang terkena paparan sinar matahari terlalu lama akan membuat protein rambut jadi rusak. Selain itu, paparan sinar matahari juga menyebabkan kekeringan pada rambut. Oleh karena itu, bagi Anda yang suka beraktivitas di luar ruangan sebaiknya memakai pelindung rambut.

tips kecantikan, rambut rusak, penyebab rambut rusak, kerusakan rambut

Rambut rontok – Ist

3. Mengikat rambut terlalu kencang

Bagi Anda para wanita yang suka mengikat rambut, sebaiknya tak perlu terlalu kencang. Mengikat rambut terlalu kencang bisa merusak elastisitasnya. Cobalah untuk menerapkan gaya rambut yang santai atau sesekali biarkan terurai dengan indah.

Baca juga: 4 Alasan Tak Boleh Mengikat Rambut Saat Basah

4. Gesekan

Gesekan bisa membuat rambut menjadi rusak. Oleh karena itu, pada saat tidur sebaiknya Anda menyisir terlebih dahulu dan jangan terlalu banyak bergerak. Jika saat tidur Anda banyak bergerak, maka rambut akan mengalami gesekan pada bantal.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rusak

5. Kekurangan zat besi dan seng

Ketahuilah bahwa rambut akan mengalami kerusakan jika kekurangan nutrisi. Rambut akan rontok, bercabang, dan rapuh jika Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung seng dan zat besi. Oleh karena itu, pastikan Anda rajin mengonsumsi bayam, jagung, roti gandum, kacang merah, dan makanan yang mengandung seng dan zat besi lainnya.

Itulah 5 penyebab rambut Anda rusak. Jika tak ingin megalami rambut rusak, maka hindari beberapa penyebab di atas. Rambut yang sehat dan indah jika Anda miliki tentunya bisa membuat penampilan jadi lebih percaya diri, bukan?

Baca juga: Ciri-ciri Rambut Rusak

(NR)

Comment di sini