Bahan Alami Sahabat Bagi Rambut

by
September 26th, 2013 at 4:38 pm

CiriCara.com - Rambut merupakan mahkota, terutama bagi wanita. Rambut yang indah dan sehat merupakan dambaan para wanita karena dapat meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk menjalani perawatan rambut demi mempunyai rambut yang indah dan sehat.

Baca jugaCiriCara: Cara Tepat Merawat Kesehatan Rambut

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya banyak sekali bahan-bahan alami di sekitar kita yang memiliki banyak manfaat untuk membuat rambut sehat dan indah. Dilansir dari blogdetik.com, berikut ini adalah beberapa contoh bahan alami sahabat bagi rambut:

1. Lidah Buaya (Aloevera)

Lidah buaya untuk rambut

Lidah buaya untuk rambut / Ist.

Lendir lidah buaya dapat digunakan sebagai masker rambut yang bermanfaat untuk menumbuhkan dan mempertebal rambut. Caranya, Anda cukup dengan mengoleskan lendir lidah buaya ke kulit kepala selama 1/2 jam kemudian cuci dengan shampo maka rambut Anda akan menjadi lebih tebal.

2. Kemiri

Kemiri untuk rambut

Kemiri untuk rambut / Ist.

Minyak kemiri sangat bermanfaat untuk menghitamkan rambut secara alami. Ambil kemiri kemudian tumbuk kasar lalu disangrai. Setelah itu tumbuk hingga keluar minyaknya. Gunakan minyak kemiri untuk creambath dan bilas menggunakan shampo.

3. Air Seduhan Teh

Air Seduhan Teh

Air Seduhan Teh / MSN

Jika Anda menginginkan rambut Anda terlihat berkilau, cara satu ini bisa dicoba. Seduh teh melati menggunakan air panas, kemudian biarkan mengendap selama semalam. Pagi harinya gosokkan air seduhan teh ke kulit kepala dan rambut. Gunakan sesaat sebelum keramas.

4. Seledri

seledri untuk rambut

Seledri / Ist.

Jangan khawatir jika Anda melihat rambut Anda berjatuhan di lantai ketika menyisir rambut. Anda bisa menggunakan seledri yang dihaluskan sebagai masker rambut untuk menghentikan kerontokan yang terjadi. Oleskan seledri ke kulit kepala sambil dipijat selama 5 menit. Bungkus dengan handuk selama 30 menit kemudian bilas dengan shampo seperti biasa.

5. Alpukat

Alpukat

Alpukat / Ist.

Buah yang satu ini selain memiliki manfaat bagi kesehatan ternyata juga bermanfaat bagi rambut kering. Anda cukup menghancurkan daging buah alpukat dan mengaduknya hingga menjadi seperti pasta kemudian gunakan sebagai masker mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan sebentar lalu bilas dengan shampo.

6. Yoghurt

yoghurt / ist.

yoghurt / ist.

Yoghurt dapat digunakan sebagai masker rambut. Gunakan secara rutin setiap 2 minggu sekali dan rambut indah berkilau akan menjadi milik Anda.

Baca jugaCiriCara: Cara Membuat Yoghurt

7. Telur

telur

Telur / Ist

 

Telur dapat bermanfaat sebagai conditioner rambut. Jangan khawatir akan bau telur yang amis. Anda dapat mencampurkan air perasan jeruk lemon ke dalam kocokan telur untuk menghilangkan bau amis. Gunakan kocokan telur dan air perasan jeruk lemon tersebut sebagai masker, maka Anda akan memiliki rambut yang subur dan indah berkilau.

8. Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Minyak Kelapa / Ist.

Minyak kelapa juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Gunakan minyak kelapa sebagai masker. Bungkus rambut dengan handuk hangat lalu keramas seperti biasa..

9. Cuka Apel

Cuka Apel

Cuka Apel / Ist

Bila Anda akan keramas, gunakan campuran setengah cangkir cuka apel dengan seperempat air sebagai bilasan, maka rambut Anda akan terasa lebih lembut dan bersinar.

9 bahan alami di atas hanya sebagian kecil dari bahan alami yang dapat menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Masih banyak sekali bahan-bahan alami yang sebenarnya merupakan sahabat bagi rambut. Sesuaikan penggunaan bahan-bahan alami tersebut dengan kondisi rambut Anda. Selamat mencoba ya!

Ditulis oleh : Bunda SatriaSakti

Comment di sini