Foto Chairul Tanjung Marahi SBY Rekayasa

by
September 26th, 2013 at 1:46 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Baru-baru ini pengguna media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto pengusaha Chairul Tanjung marahi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam foto itu terlihat Chairul Tanjung menunjuk ke arah SBY.

presiden susilo bambang yudhoyono

Chairul Tanjung marahi Presiden SBY – Twitter

Ketua Forum Akademisi IT, Hotland Sitorus mengatakan bahwa foto tersebut adalah hasil rekayasa. Setelah dilakukan penelitian, ternyata diketahui foto tersebut telah dirubah secara digital oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Saya telah melakukan digital image forensic terhadap foto, dan hasilnnya memang rekayasa,” kata Hotland Sitorus yang juga dikenal sebagai pakar Digital Forensic, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (26/9/2013).

Hotland menjelaskan bahwa ada sejumlah kejanggalan yang bisa dilihat dari foto tersebut. Salah satunya adalah ukuran tangan Chairul Tanjung, yang juga akrab disapa CT itu. Menurutnya, ukuran tangan CT tidak proporsional.

“Demikian juga posisi tangan kiri yang menunjuk ke arah sisi luar kiri, tidak tepat apabila disandingkan dengan posisi badan, terutama arah wajah CT,” ujar Hotland.

Hotland menduga bahwa foto tersebut direkayasa menggunakan perangkat lunak “open source gd-jpeg v1.0″. Dia sangat yakin bahwa foto tersebut adalah hasil rekayasa alias palsu. “Jadi itu tidak perlu dibesar-besarkan,” tegasnya.

Baca juga: Presiden SBY Digoda Bintang Porno.

Seperti diberitakan Liputan6.com, foto yang beredar melalui Twitter itu memang berbeda dengan foto asli yang didapat wartawan. Pada foto asli, CT menunjuk SBY dengan menggunakan jempol bukan menggunakan jari telunjuk.

Perbedaan juga bisa dilihat dari posisi mulut CT dalam kedua foto tersebut. Di foto hasil rekayasa, mulut CT terlihat membuka lebar. Sementara dari foto asli posisi mulut CT terlihat dalam posisi rapat.

Foto asli tersebut merupakan hasil jepretan dari Fotografer Istana, H Abror Rizki. Saat itu, Presiden SBY tengah meninjau kesiapan penyelenggaraan KTT APEC di Bali. Acara ini juga berjalan lancar tanpa ada keributan.

(YG)

Comment di sini