Wanita Jepang Ini Peduli Kebersihan Jakarta

by
September 26th, 2013 at 11:37 am

Jakarta (CiriCara.com) – Siapa yang mau peduli tentang kebersihan Jakarta kalau bukan warganya? Namun demikian tampaknya warga Jakarta masih enggan menjaga kebersihan kotanya sendiri sehingga tak jarang Jakarta terlihat kotor karena sampah menumpuk dimana-mana.

Ironis. Di saat warga Jakarta seakan tak peduli lagi dengan kebersihan kotanya, warga asing justru turun ke lapangan menangani sampah yang bertebaran di Jakarta.

Buktinya, seorang pengguna Twitter justru menangkap momen saat seorang wanita Jepang turut membersihkan sampah di Gelora Bung Karno (GBK). Pengguna bernama @fxmario mengunggah foto seorang wanita asal Negeri Sakura yang sedang membersihkan sampah pada 15 September 2013 lalu.

Wanita itu mengenakan kaus hijau bertuliskan Jakarta Osoji Club dan memakai topi putih untuk menghindari panas. Sementara di kedua tangannya, terdapat kantong plastik sampah dan alat pengambil sampah.

Wanita Jepang Ini Peduli Kebersihan Jakarta

Wanita Jepang Ini Peduli Kebersihan Jakarta / Twitpic @fxmario

Gambar yang diunggah di situs mikroblogging itu mendapat tanggapan beragam dari para pengguna Twitter. Kebanyakan dari pengguna menuliskan kekagumannya pada wanita asal Jepang itu. Sebagian lagi mengaku malu karena sebagai warga Indonesia, mereka belum bisa berbuat banyak bagi kota Jakarta.

Twitter

Twitter

Jakarta Osoji Club (JOC) sendiri adalah sebuah komunitas yang terdiri atas para pecinta kebersihan dari Jepang dan Indonesia berupaya menciptakan kebersihan di Jakarta lewat tindakan nyata.

Setiap hari Minggu, JOC berkumpul di stadion GBK, Senayan, Jakarta untuk membersihkan sampah yang dibuang oleh para pengguna stadion saat mereka sedang berjogging ria lalu mengumpulkannya di tempat sampah.

JOC sendiri pertama kali didirikan oleh Tsuyoshi Ashida, seorang pebisnis dari Jepang pada 29 April 2012. Ashida yang sudah menetap di Jakarta selama 18 tahun merasa prihatin dengan kondisi kebersihan Ibu Kota dan tingkat kesadaran akan kebersihan para warga Jakarta yang masih rendah. (RN)

Baca juga: Fotografer Asing Buka Aib Sampah di Laut Indonesia

Comment di sini