Penyebab Kematian Soekarno Versi Mun’im

by
September 27th, 2013 at 4:30 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Dokter ahli forensik dari Universitas Indonesia (UI), Abdul Mun’im Idris ternyata pernah ikut serta dalam penyelidikan atas meninggalnya presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno. Lalu bagaimana hasilnya?

sukarno

Soekarno – Ist

Dalam bukunya yang berjudul “X-Files: Mengungkap Fakta Kematian Bung Karno Sampai Munir”, Mun’im mengungkap ada satu penyebab yang membuat Soekarno sakit-sakitan. Menurut Mun’im, penyebab utama kematian Soekarno adalah pembiaran negara terhadap bapak proklamator itu.

Soekarno yang dikenal sebagai orang yang aktif tentu tidak akan tahan saat dikerangkeng di Pabiliun Istana Bogor. Soekarno juga sempat dipindahkan ke Wisma Yaso (Museum Satria Mandala) atas persetujuan dari Presiden Soeharto.

“Pembiaran juga bisa sangat mematikan untuk manusia seaktif Bung Karno (sapaan Soekarno),” kata Mun’im, seperti dikutip dari Tempo.co, 28 Juni 2013 lalu.

Karena tidak melakukan pemeriksaan terhadap jasad Soekarno, Mun’im pun hanya menggunakan berita dari berbagai media massa sebagai dasar analisisnya. Setelah melakukan sejumlah analisa, Mun’im pun mempunyai sebuah kesimpulan.

Menurut Mun’im, penyebab kematian Soekarno yang paling besar adalah karena Soekarno diasingkan pemerintah Orde Baru di Istana Bogor. Mun’im mengungkapkan bahwa setelah diasingkan, Soekarno pun jadi sering sakit-sakitan.

“Bung Karno memang sakit-sakitan waktu itu, tetapi itu hanya penyebab kecil. Penyebab utamanya karena dia diisolir dari bangsanya sendiri,” demikian tulis Mun’im dalam bukunya, X-Files.

Seperti diketahui, Abdul Mun’im Idris telah meninggal dunia pada hari ini, Jumat (27/9/2013) dini hari WIB. Ahli forensik yang pernah menangani berbagai kasus besar ini meninggal akibat penyakit kanker.

(YG)

Comment di sini