Tahun 2014, Jakarta Diprediksi Macet Total

by
September 30th, 2013 at 10:46 am

Jakarta (CiriCara.com) – Munculnya kebijakan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) membuat sejumlah pihak khawatir akan kondisi jalan di Jakarta. Pasalnya, mobil murah yang baru-baru ini diluncurkan itu diprediksi akan membuat Jakarta makin macet.

jakarta macet

Kemacetan di Jakarta – Ist

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan jika tidak ada kebijakan pembatasan kendaraan, maka diprediksi jalan Jakarta akan macet total pada tahun 2014 mendatang.

“Kalau tidak ada kebijakan dan pengaturan yang baik maka jalan di Jakarta bisa stuck,” jelas Rikwanto, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (30/9/2013).

Rikwanto berharap agar Pemprov DKI segera mengeluarkan kebijakan pembatasan kendaraan pribadi untuk mengantisipasi kebijakan mobil murah. Pasalnya, saat ini pemerintah hanya memberikan pajak progresif kepada pemilik kendaraan lebih dari satu.

“Tapi, kebijakan pajak progresif yang mengharuskan membayar pajak lebih mahal, sepertinya tidak berimbas menyurutkan orang menambah kendaraan,” jelas Rikwanto.

Baca juga: Jokowi Tolak Mobil Murah.

Selain mengharapkan kebijakan dari pemerintah, Rikwanto mengklaim bahwa pihaknya saat ini sudah mulai mengkaji sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi kemacetan tersebut. “Kami masih membahas kebijakan mana yang paling tepat untuk mengurangi kemacetan,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan data dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, jumlah kendaraan di Jakarta baik roda dua maupun roda empat masih terus bertambah dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013, jumlah kendaraan tercatat mengalami kenaikan sebesar 15 persen.

Jika tidak diimbangi dengan pembangunan jalan dan pembatasan kendaraan, bisa dipastikan kondisi jalan di Jakarta akan semakin padat setiap tahunnya. Bahkan, kemacetan total pun mengancam DKI Jakarta hanya dalam jangka waktu 1 tahun.

(YG)

Comment di sini