Cara Meningkatkan Semangat Bekerja

by
October 1st, 2013 at 4:48 pm

CiriCara.com – Pekerjaan apapun yang dilakukan seseorang, nampaknya akan menimbulkan rasa bosan. Apalagi jika Anda tak memiliki passion atau gairah. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan rasa jenuh setiap hari.

Baca juga: Cara Mudah Mengusir Lelah dan Jenuh

tips karier, membangun semangta, cara membangun semangat untuk bekerja, cara meningkatkan semangat bekerja, tips meningkatkan semangat bekerja

Ilustrasi semangat kerja – Ist

Bekerja seharusnya tidak hanya tentang menerima gaji setiap bulannya. Tapi, harus ada gairah atau passion. Jika memiliki hal tersebut, maka pekerjaan yang dilakukan tentunya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tapi, nampaknya masih banyak orang atau para pekerja yang belum tahu cara meningkatkan semangatnya untuk bekerja. Membangun semangat bekerja harus dimulai dari diri sendiri. Bagaimana caranya?

Dilansir dari Livestrong.com, berikut cara meningkatkan semangat bekerja:

1. Mengajari rekan kerja

Jika ada rekan kerja yang meminta bantuan, maka Anda harus meluangkan waktu untuknya. Selain itu, katakan juga pada rekan kerja bahwa Anda dengan senang hati akan membantu jika ada kesulitan dalam pekerjaan. Namun, hindari menggunakan kalimat dengan nada merendahkan mereka dan jangan memaksanya. Membantu rekan kerja tentunya akan menumbuhkan semangat Anda untuk bekerja.

2. Memberikan ide dan solusi untuk perusahaan

Anda bisa menyumbangkan ide dan solusi untuk perusahaan. Katakan beberapa ide Anda pada atasan. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk lebih memahami perusahaan. Jangan batasi diri Anda untuk mengembangkan karier di perusahaan saat ini. Jika ada ide, maka segera tulis atau mengatakannya pada atasan. Salah satu cara ini tentunya juga akan membangkitkan semangat untuk bekerja.

Baca juga: Cara Meningkatkan Prestasi Kerja

tips karier, membangun semangta, cara membangun semangat untuk bekerja, cara meningkatkan semangat bekerja, tips meningkatkan semangat bekerja

Mengajari rekan kerja – Ist

3. Rileks saat bekerja

Jangan memforsir tenaga Anda untuk bekerja seharian. Saat sedang jenuh bekerja, cobalah untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Misalnya, mengobrol dengan rekan kerja, berolahraga di kantor, dan lain sebagainya. Selain itu, manfaatkanlah juga waktu makan siang untuk bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya agar tak membuat Anda merasa jenuh di kantor.

4. Pergi liburan

Saat sudah sangat jenuh dengan pekerjaan, sebaiknya manfaatkan cuti untuk pergi liburan. Menyisihkan waktu untuk sejenak lepas dari pekerjaan akan membantu Anda membangkitkan semangat bekerja. Oleh karena itu, jangan menunda liburan jika Anda memang benar-benar membutuhkannya.

Itulalah cara meningkatkan semangat untuk bekerja. Sejenuh apapun Anda saat bekerja, namun sebaiknya segera tingkatkan kembali gairah atau semangat. Untuk itu, cobalah cara di atas agar semangat Anda terus ada untuk meningkatkan prestasi atau karier.

Baca juga: 3 Cara Agar Lebih Produktif dalam Bekerja

(NR)

Comment di sini