Kepanikan Saat AC Pesawat Lion Air Mati

by
October 1st, 2013 at 1:19 pm

Manado (CiriCara.com) – Tidak berfungsinya pendingin udara (AC) di kabin pesawat Lion Air JT775 membuat sejumlah penumpangnya panik. Pasalnya, beberapa penumpang mengaku ada yang kesulitan bernapas karena kepanasan.

lion air insiden

Lion Air – Tempo.co

Salah satu penumpang yang bernama Budi Mul mengaku merasa panik karena dirinya menderita penyakit pernapasan atau asma. Dia bertambah panik saat mengetahui AC di kabin pesawat yang ditumpanginya itu mati.

Budi pun merasa tertolong karena ada penumpang yang membuka paksa pintu darurat pesawat tersebut. Pasalnya, kondisi pesawat yang panas dengan pintu tertutup rapat membuat dirinya kesulitan bernapas.

“Terlambat beberapa menit saya dan seorang bayi mungkin meninggal,” ucapnya, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (1/10/2013).

Kepanikan yang sama juga dirasakan Ivon, seorang ibu yang membawa serta anaknya. Dia mengaku merasa panik lantaran anaknya terus menangis akibat kepanasan. “Saya sangat panik melihat anak saya kesulitan bernapas,” ujarnya.

Sementara itu, penumpang lainnya, Hari menjelaskan bahwa mereka bertambah panik saat pesawat Lion Air tersebut tetap memaksakan untuk take off dengan kondisi AC yang mati. “Para penumpang yang kepanasan mengamuk dan sempat mengetuk pintu pilot,” katanya.

Karena tidak direspon pilot, akhirnya ada penumpang yang nekat membuka paksa pintu darurat pesawat. Akibat aksi tersebut, pesawat Lion Air JT775 itu pun tidak diijinkan untuk melakukan penerbangan oleh pihak otoritas Bandara Samra Tulangi, Manado.

Mengenai kerusakan AC di pesawat Lion Air, Manajer Bandara Samra Tulangi Haslin Panggabean mengatakan bahwa pihaknya sudah memperingati Lion Air untuk melakukan charging AC. Namun peringatan tersebut tidak digubris Lion Air.

Menurut Panggabean, pihak Lion Air menolak dengan alasan pengiritan biaya. Padahal, biaya charging AC itu diperkirakan hanya mencapai Rp 1,1 juta saja.

(YG)

Comment di sini