Lion Air: Bukan AC, Masalahnya Ada di APU

by
October 1st, 2013 at 2:37 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Insiden dibukanya pintu darurat pesawat Lion Air JT775 secara paksa oleh penumpang memang menarik perhatian banyak pihak. Lion Air dianggap telah lalai karena membiarkan pendingin udara (AC) di kabin pesawat tersebut mati.

lion air delay

Pesawat Lion Air – Ist

General Manager Bandara Samra Tulangi Manado, Haslin Panggabean mengatakan bahwa pihaknya sempat memperingati pihak Lion Air mengenai masalah AC tersebut. Menurut Panggabean, AC di Lion Air perlu dicharging agar kembali berfungsi dengan baik.

Namun begitu, Direktur Airport Operation and Services Lion Air Daniel Putut membantah bahwa AC di pesawat Lion Air JT775 itu rusak. Menurutnya, AC di pesawat tersebut masih berfungsi dengan baik.

“Bukan AC, masalahnya ada di auxiliary power unit (APU),” kata Daniel, seperti dikutip dari Tempo.co, Selasa (1/10/2013).

Baca juga: Penumpang Panik Saat AC Lion Air Mati.

Daniel mengakui bahwa APU di pesawat Lion Air nomor penerbangan JT775 memang sudah rusak, sehingga AC di kabin tidak bisa berfungsi atau menyala. APU merupakan perangkat yang membantu pengoperasian peralatan elektronik selama mesin pesawat belum dinyalakan.

Daniel menjelaskan, saat masih berada di bawah, pesawat membutuhkan tenaga APU untuk menghidupkan mesin utama. Namun, APU di pesawat Lion Air JT775 itu sempat mati pada pukul 11.00 WITA sehingga AC di pesawat pun ikut tidak berfungsi.

Meskipun APU di pesawat tersebut diketahui tidak bekerja secara normal, Daniel mengklaim bahwa pesawat itu masih laik terbang. Pernyataan Daniel ini sekaligus membantah tudingan bahwa Lion Air melakukan pengiritan dengan mematikan AC.

Sementara itu, sejumlah penumpang mengaku akan mendapatkan uang ganti rugi sebesar Rp 300 ribu dari pihak Lion Air. Pihak manajemen Lion Air berjanji akan mengirimkan uang tersebut paling lambat 2 pekan setelah kejadian.

(YG)

Comment di sini