Tak Kalah dengan Tempat Lain, Kebumen Sajikan Sate Khas

by
October 1st, 2013 at 11:07 am

CiriCara.com - Apa sih yang Anda cari ketika jalan-jalan ke luar kota? Pasti oleh-oleh khas dari daerah tersebut bukan? Lagi-lagi kuliner yang beda dari biasanya yang kita sebenarnya cari.

Sate Ayam Ambal dari Kebumen

Sate Ayam Ambal dari Kebumen / Ist.

Kalau Anda pernah jalan-jalan ke Kabupaten Kebumen, pasti Anda pernah mendengar “Pantai Ambal”, atau bahkan Anda sudah pernah menikmati keindahan pantai selatan yang masih perawan ini?

Bicara soal Ambal, yang juga merupakan nama salah satu kecamatan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah ini ternyata ada sebuah makanan khas yang rasanyapun bisa mendunia. “Sate Ambal”, begitulah orang sekitar menyebutnya hingga nama tersebut tenar hingga keluar daerah.

Bagaimana tidak, perjalanan kita menuju Pantai Ambal bakal dimanjakan dengan pemandangan deretan warung-warung sederhana yang nampak berasap dan menyajikan bau yang khas. Itulah dia dimana sate ambal berasal dan banyak ditemui. Tidak heran jika banyak warga ataupun wisatawan yang melintasi kawasan tersebut menyebutnya sebagai “Desa Satai”.

Sate ambal memang tidak jauh berbeda dari satai-satai pada umumnya. Terbuat dari daging ayam namun bumbunya berbeda dari kebanyakan bumbu satai yang ada. Sate ambal tampil menarik dan cita rasa yang memukau dengan bumbu tempe kedelai.

Dalam setiap tusuknya daging ayam yang disatai lebih besar daripada satai lain. Porsinya pun lebih banyak. Namun harganya cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 15.000 – Rp. 20.000 Anda akan menikmati manisnya satu porsi Sate Ambal.

Ditemani dengan ketupat dan segelas teh hangat bisa menjadikan kepuasan tersendiri disela-sela kegiatan jalan-jalan Anda.
Jadi mulai sekarang, menu “Sate Ambal” bisa Anda masukkan dalam detinasi kuliner Anda jika suatu saat nanti Anda akan berlibur ke Kabupaten Kebumen.

Baca jugaCiriCara: Cara Membuat Sate Ayam Goreng

Comment di sini