5 Dampak Buruk Bertengkar di Depan Anak

by
October 2nd, 2013 at 3:49 pm

CiriCara.com – Bukan hanya mereka yang pacaran saja, tapi yang sudah menikah terkadang juga sering bertengkar. Sangat wajar jika mereka yang sudah berkeluarga bertengkar.

tips keluarga, bertengkatr di depan anak, bertengkar, orangtua bertengkar, dampak bertengkar di hadapan anak

Bertengkar di depan anak – Ist

Tak mungkin sebuah hubungan itu berjalan mulus-mulus saja. Pastinya, akan ada kesalahpahaman atau hal lain yang menimbukan pertengkaran. Saat pertengkaran itu terjadi, sebaiknya jangan biarkan anak mendengar atau melihat hal itu. Hal tersebut akan membawa dampak buruk bagi psikisnya.

Dampak buruk apa yang akan dialami si anak jika Anda dan pasangan bertengkar di hadapannya? Dilansir dari Magforwomen.com, berikut 5 dampak buruk bertengkar di depan anak:

1. Anak menjadi stres

Jika si anak mendengar segala perdebatan Anda dengan pasangan, maka bisa membuatnya menjadi stres. Selain itu, si anak juga jadi merasa ketakutan karena belum paham penyebab pertengkaran orangtuanya. Jika sudah begitu, maka kemungkinan si anak akan merasa ketakutan berada di dekat orangtuanya.

2. Si anak memiliki bahasa buruk

Bertengkar biasanya identik dengan teriakan dan makian yang dilontarkan satu sama lain. Jika orangtua melakukan hal tersebut di hadapan anak, maka bisa membuatnya jadi mengerti bahasa yang dilontarkan. Mendengar kata-kata itu bisa membuat si anak jadi mengikuti dan terbawa dalam pergaulannya.

tips keluarga, bertengkatr di depan anak, bertengkar, orangtua bertengkar, dampak bertengkar di hadapan anak

Ist

3. Si anak jadi tak mau berbagi

Bertengkar di hadapan anak bisa membawa pengaruh buruk yang berkepanjangan. Salah satunya adalah ketakutan anak untuk berbagi masalah dengan orangtuanya. Saat remaja atau dewasa nanti, kemungkinan si anak jadi tertutup pada orangtuanya.

4. Mencari ketenangan di luar rumah

Ketika mendengar keributan atau pertengkaran di dalam rumah, bukan tidak mungkin si anak akan mencari ketenangan di luar rumah. Misalnya, anak remaja yang mendengar pertengkaran itu mungkin dirinya akan mencari ketenangan di luar rumah dengan melakukan hal-hal negatif. Hal negatif yang dilakukan, seperti merokok, meminum minuman beralkohol, keluar malam bersama temannya, dan hal lainnya.

5. Mencontoh sikap buruk orangtuanya

Efek lain yang akan dialami anak adalah mereka akan mencontoh apa yang dilakukan orangtua. Jika mereka kerap melihat atau mendengar orangtuanya bertengkar, maka kemungkinan si anak akan meniru sikap buruk itu. Apakah mau si anak kelak menjadi seseorang yang brutal?

Itulah dampak buruk bertengkar di depan anak. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda tak bertengkar di hadapan anak. Bila perlu, minimalisirlah pertengkaran saat sudah berkeluarga. Buatlah kehidupan keluarga yang harmonis dan selalu menyenangkan.

Baca juga: Cara Membangun Keluarga Harmonis

(NR)

Comment di sini