Ahok: Selamat Hari Batik! Kita Sangat Bangga

by
October 2nd, 2013 at 11:47 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sebagian besar warga Indonesia menggunakan batik untuk memperingati Hari Batik Nasional yang bertepatan pada hari ini, Rabu, 2 Oktober 2013. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pun ikut mengenakan batik.

ahok baju batik

Ahok pakai batik – Ist

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengaku sengaja mengenakan batik karena tahu bahwa hari ini merupakan Hari Batik Nasional. Ahok mengungkapkan bahwa batik berwarna cokelat keemasan yang ia pakai itu merupakan pemberian Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

“Makanya ini pakai batik, pemberian Pak Jokowi,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (2/10/2013).

Baca juga: Alasan 2 Oktober Jadi Hari Batik Nasional.

Ahok yang juga merupakan politisi Partai Gerindra itu mengaku sangat bangga dengan pakaian batik. Apalagi, saat ini batik sudah menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui dunia internasional.

“Selamat Hari Batik! Kita sangat bangga akhirnya batik betul-betul menjadi milik kita dan semua orang pakai batik,” kata pria kelahiran Belitung, 29 Juni 1966 itu.

Ahok juga mengatakan bahwa batik bukanlah budaya kuno. Menurutnya, baju batik itu malah terlihat lebih keren saat dikenakan oleh orang-orang Indonesia. “Batik memang keren,” ujar Ahok yang dulu pernah menjadi anggota DPR.

Seperti yang diketahui, The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi milik Indonesia pada 2 Oktober 2009 silam.

Sejak saat itu setiap tanggal 2 Oktober, kebanyakan masyarakat Indonesia akan mengenakan baju batik untuk memperingati Hari Batik Nasional. Sebelumnya, warga Indonesia juga memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

(YG)

Comment di sini