Makan Mi Instan Pakai Nasi Ternyata Berbahaya

by
October 2nd, 2013 at 1:55 pm

CiriCara.com – Siapa yang tak suka makan mi instan? Saat sedang terburu-buru atau ingin makan yang berkuah, mi instan seringkali dijadikan menu makanan. Selain praktis, mi instan juga memiliki rasa yang gurih dan nikmat sehingga membuat banyak orang ketagihan untuk memakannya.

tips kesehatan, mi instan, makan mi instan, mengonsumsi mi instan, makan mi instan pakai nasi berbahaya

Mi instan – Ist

Saat sedang makan mi instan, sejumlah orang biasanya akan menambahkan nasi. Nasi dan mi instan selama bertahun-tahun memang sudah menjadi belahan jiwa mayoritas orang Indonesia. Tapi, ketahuilah bahwa perpaduan makanan tersebut ternyata tak baik untuk kesehatan. Kenapa?

Makan mi instan pakai nasi memang cukup membuat perut terasa kenyang. Tapi, kebiasaan tersebut tidak baik karena mi instan dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi.

Ketahuilah bahwa terdapat 400 kalori dalam satu porsi mi instan. Hal tersebut sama saja dengan Anda makan nasi beserta lauk pauknya. Bayangkan jika Anda tetap mengonsumsi mi instan pakai nasi, berapa kalori yang masuk dalam tubuh?

Jika makan mi instan ditambah nasi, maka kalori yang masuk dalam tubuh bisa mencap[ai 600 – 700 kalori. Padahal, wanita dewasa hanya membutuhkan kalori 1200 – 1500 per harinya. Jika kalori yang masuk dalam tubub terlalu banyak, maka tentunya Anda tahu dampak bagi kesehatannya, bukan?

Ya, terlalu banyak kalori yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Selain itu, perpaduan karbohidrat dari mi instan dan nasi bisa menaikkan indeks gilkemik sehingga gula dalam darah melonjak drastis. Jika sudah begitu, maka Anda bisa berpeluang mengalami diabetes.

Baca juga: 5 Gejala Diabetes pada Wanita

Bagi Anda para pecinta mi instan, sebaiknya tidak mencampurnya dengan nasi. Alangkah baiknya, mi instan ditambah dengan berbagai jenis sayur saja, seperti tomat, potongan wortel, buncis, dan berbagai jenis sayuran lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan telur.

Perlu Anda ketahui juga bahwa mi instan megandung garam dan MSG yang sangat tinggi. JIka mengonsumsinya berlebihan, maka bisa berdampak  buruk bagi kesehatan. Untuk itu, Anda disarankan agar tidak terlalu sering mengonsumsi mi instan. Konsumsilah mi instan maksimal seminngu sekali saja.

Baca juga: Cara Sehat Mengonsumsi Mi Instan

(NR)

Comment di sini