Pemerintahan Tutup, Amerika Serikat Terancam Bangkrut

by
October 2nd, 2013 at 1:44 pm

Washington (CiriCara.com) - Kisruh penutupan pemerintah Amerika Serikat karena soal dana operasional belum usai. Namun kini muncul kabar tak mengenakan lainnya.

Amerika Serikat dikabarkan bangkrut

Amerika Serikat dikabarkan bangkrut / Ist.

Diberitakan oleh Kompas.com, Kementerian Keuangan Amerika Serikat pada Selasa, 1 Oktober 2013 mengatakan bahwa jika kenaikan utang baru tidak disepakati sampai 17 Oktober 2013 mendatang maka pemerintah Amerika Serikat akan kehabisan uang atau bangkrut.

Jacob Lew, selaku Menteri Keuangan Amerika Serikat telah mengirim surat kepada Ketua Kongres, John Boehner dan mengatakan bahwa proyeksi yang dibuat oleh Kementerian Keuangan tidak akan diubah meski sebagian operasional pemerintahan Amerika Serikat ditutup karena kurangnya anggaran.

Pemerintah Amerika akan mengalami kegagalan pembayaran utang jika batas utang tidak dinaikkan pada 17 Oktober 2013.

Anggaran yang dimiliki oleh Amerika Serikat kali ini tingal USD 30 miliar. Jumlah anggaran tersebut dinilai sangat kurang, karena Amerika Serikat saat ini sedang membutuhkan dana sekitar USD 60 miliar.

Namun sayangnya, anggaran sebesar itu ditolak oleh anggota dewan yang berasal dari Partai Republik pada saat penentuan pencairan anggaran tahun fiskal baru yang dimulai pada hari Selasa, 1 Oktober 2013.

Selama ini anggaran pemerintah Amerika Serikat diketahui telah defisit sebesar USD 60 miliar. Kementerian Keuangan pun mengklaim telah melakukan penghematan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi anggaran yang dipakai untuk membayar pengeluaran negara.

Jacob Lew mengatakan bahwa langkah-langkah seperti ini tidak bisa lagi dipertahankan dan negara membutuhkan utang baru hingga tanggal 17 Oktober mendatang. Kemungkinan besar jika tidak mendapatkan utang baru, keuangan negara Adi Daya ini akan bangkrut. (RN)

Comment di sini