Penjelasan Lion Air Soal AC Tidak Dingin

by
October 2nd, 2013 at 11:05 am

Jakarta (CiriCara.com) – Insiden dibukanya pintu darurat pesawat Lion Air JT775 karena penumpang merasa kepanasan, masih meninggalkan sejumlah pertanyaan. Kenapa pendingin udara (AC) di kabin pesawat tersebut tidak berfungsi?

pesawat lion

Lion Air – Tempo.co

Corporate Secretary Lion Air Ade Simanjuntak mengatakan bahwa AC di pesawat JT775 itu belum bekerja secara maksimal karena pesawat masih di landasan. Menurutnya, AC akan semakin dingin jika pesawat sudah terbang.

“Sistem pendingin dalam pesawat akan semakin dingin dan optimal bila pesawat sudah take off,” kata Ade Simanjuntak melalui surat elektronik, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (2/10/2013).

Ade menjelaskan bahwa pesawat membutuhkan tenaga 100 persen untuk tenaga dorong saat tinggal landas. Hal ini akan mengurangi tenaga yang ada di sistem pendingin sehingga kinerja AC tidak bisa maksimal.

Mengenai tindakan penumpang yang membuka paksa pintu darurat pesawat, menurut Ade, hal tersebut tidak bisa dibenarkan. Meskipun udara dalam kabin terasa panas, penumpang tetap tidak boleh membuka pintu darurat secara sembarangan.

“Terutama saat pesawat sudah bergerak mundur,” jelas Ade.

Sementara itu, pihak Manajemen PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) menjelaskan bahwa penyebab AC pesawat JT775 tidak terasa dingin itu dikarenakan pesawat parkir di luar dan terkena sinar matahari langsung.

Ade sendiri mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai penyebab pasti AC pesawat JT775 tak terasa dingin. Baca juga: Lion Air Matikan AC Untuk Pengiritan.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Lion Air JT775 awalnya akan berangkat dari Bandara Sam Ratulangi, Manado menuju Jakarta. Namun karena merasa kepanasan, penumpang pun membuka paksa pintu darurat dan marah-marah ke maskapai Lion Air.

Karena pintu darurat pesawat telah terbuka, pihak bandara pun melarang pesawat tersebut terbang. Otoritas bandara meminta agar pihak Lion Air memperbaiki pintu darurat tersebut sebelum berangkat.

(YG)

Comment di sini