Daftar Kekayaan Ketua MK Akil Mochtar

by
October 3rd, 2013 at 11:54 am

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, Rabu (2/10/2013) malam WIB. Akil diduga terlibat dalam kasus suap Pilkada di sebuah kabupaten di Kalimantan.

akil muhtar

Ketua MK Akil Mochtar – detik.com

Seperti diketahui, Akil adalah Ketua MK yang baru setelah dilantik pada April 2013. Akil dipilih untuk menggantikan Mahfud MD yang memasuki masa pensiun dari jabatan Ketua MK. Sebelum menjadi Ketua MK, Akil juga diketahui pernah menjadi politisi.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Akil terakhir melaporkan jumlah kekayaannya pada 31 Januari 2011. Dalam laporan tersebut, kekayaan Akil nilainya mencapai Rp 5,1 miliar.

Jumlah tersebut menurun dibanding laporan kekayaannya pada tahun 2006 silam. Saat itu, kekayaan Akil mencapai Rp 8,4 miliar dan US$ 194.257.

Berikut rincian kekayaan Akil yang terbaru, seperti dikutip dari detik.com:
- Harta tidak bergerak, berupa tanah dan bangunan di Pontianak senilai Rp 2,075 miliar.
- Mobil Toyota Fortuner senilai Rp 402 juta
- Peternakan, perikanan, dan perkebunan, senilai Rp 30 juta.
- Harta bergerak lainnya bernilai Rp 451 juta.
- Harta giro setara kas senilai Rp 2,2 miliar.

Saat ditangkap oleh KPK, Akil Mochtar diketahui tengah bertransaksi dengan seorang anggota DPR dan pengusaha. Petugas KPK juga berhasil mengamankan barang bukti uang tunai senilai Rp 3 miliar, dengan pecahan dollar Singapura.

(YG)

Comment di sini