KPK Tangkap Ketua MK Akil Mochtar

by
October 3rd, 2013 at 8:56 am

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kabarnya telah menangkap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), M. Akil Mochtar, Rabu (2/10/2013) kemarin. Akil Mochtar diciduk saat berada di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

m akil mochtar

Ketua MK Akil Mochtar – VIVAnews

Juru bicara KPK Johan Budi SP membenarkan bahwa pihaknya telah menangkap tersangka berinisial AM (Akil Mochtar). Dalam operasi tangkap tangan ini, KPK juga berhasil mengamankan dua orang lainnya.

“AM dari Mahkamah Konstitusi, CHN anggota DPR, serta HB seorang kepala daerah,” kata Johan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (3/10/2013).

Selain ketiga orang tersebut, KPK juga berhasil menangkap 2 orang lainnya, yakni CN seorang pengusaha dan DH dari pihak swasta. Penangkapan kelima orang tersebut dilakukan di dua tempat berbeda.

KPK Berhasil mengamankan Akil Mochtar, CHN, dan CN di kediaman Akil Mochtar di Kompleks Widya Chandra. Sementara 2 orang lainnya, HB dan DH ditangkap oleh KPK saat berada di sebuah hotel di Jakarta Barat. Kelimanya diduga melakukan korupsi Pilkada di Kalimantan.

“Diduga berkaitan dengan sengketa Pilkada di sebuah kabupaten di Kalimantan, Gunung Mas,” jelas Johan dalam konferensi persnya.

Baca juga: Kasus Suap Daging Sapi Impor.

Dari operasi tangkap tangan tersebut, petugas KPK berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai dalam pecahan dollar Singapura. Menurut keterangan Johan, uang tersebut bernilai sekitar Rp 3 miliar.

Ditangkapnya Akil Mochtar oleh KPK tentu menjadi cambuk untuk nama baik Mahkamah Konstitusi (MK). Apalagi, Akil Mochtar baru diangkat menjadi Ketua MK menggantikan Mahfud MD pada April 2013 lalu.

(YG)

Comment di sini