Menteri Agama Minta Semua Hakim MK Mundur

by
October 3rd, 2013 at 4:30 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Menteri Agama Suryadharma Ali menganggap penangkapan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar oleh KPK telah mencoreng nama baik MK. Dia pun meminta agar semua hakim MK ikut bertanggung jawab atas hal itu.

suryadarma ali

Menteri Agama Suryadharma Ali – VIVAnews

“Kasus itu betul-betul mempermalukan MK sampai pada level yang tidak ada sisanya,” kata Suryadharma Ali di Kantor Presiden, Jakarta, seperti dikutip dari Merdeka.com, Kamis (3/10/2013).

Sebagai rasa pertanggungjawaban, lanjut Suryadharma, semua hakim MK sebaiknya mengundurkan diri dari jabatannya. Cara tersebut dianggap Suryadharma akan mampu mengembalikan citra baik MK.

Baca juga: Gaji Ketua MK Akil Mochtar Rp 30 Juta.

“Untuk menjaga kewibawaan MK, saya menyarankan agar para komisioner meletakkan jabatannya sebagai bentuk pertanggungjawaban kondisi MK saat ini,” ujar Suryadharma yang juga merupakan Ketua Umum PPP.

Meskipun demikian, Suryadharma mengaku tidak pernah berpikir negatif tentang para hakim di MK. Namun pengundurandiri para hakim MK itu dianggap Suryadharma sebagai cara yang paling tepat untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat ke MK.

“Bukan hard feeling atas (hakim MK) yang sekarang, hanya untuk mengembalikan kredibilitas MK. Sekarang kepercayaan masyarakat sudah runtuh,” kata Suryadharma.

Seperti diketahui, Ketua MK Akil Mochtar ditangkap KPK karena diduga menerima uang suap Pilkada di sebuah kabupaten di Kalimantan. Akil yang baru dilantik pada April 2013 itu ditangkap bersama dengan 2 rekannya, anggota DPR dan pengusaha.

Dari operasi tangkap tangan itu, KPK berhasil mengamankan barang bukti uang tunai senilai Rp 3 miliar. Sebanyak 5 orang terduga, termasuk Akil Mochtar, sudah diamankan ke Gedung KPK dan masih menjalani pemeriksaan intensif.

(YG)

Comment di sini