Akil Mochtar: Potong Salah Satu Jari Koruptor

by
October 4th, 2013 at 2:25 pm

Jakarta (CiriCara.com) – KPK telah menetapkan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar sebagai tersangka dalam kasus suap Pilkada Gunung Mas dan Pilkada Lebak. Sejumlah pihak pun mendesak agar Akil divonis hukuman mati.

akil mochtar korupsi

Akil Mochtar ditangkap KPK – Tribunnews.com

Sebelum ditangkap KPK, Akil dikenal sebagai hakim yang menentang keras tindak pidana korupsi. Akil pun sempat memunculkan sejumlah ide-ide baru mengenai hukuman untuk para koruptor, salah satunya adalah potong jari.

“Ini ide saya, dibanding dihukum mati, lebih baik kombinasi pemiskinan dan pemotongan salah satu jari tangan koruptor saja cukup,” ujar Akil Mochtar pada tanggal 12 Maret 2012 silam, saat masih menjabat sebagai Juru Bicara MK.

Meskipun demikian, Akil yang kini menjadi tersangka kasus suap nampaknya tidak mau menjalani hukuman yang dibuat berdasarkan idenya itu. Hal ini terlihat saat Akil ditanya oleh salah satu wartawan.

Akil yang keluar dari Gedung KPK langsung diserbu wartawan dengan sejumlah pertanyaan. Salah satunya adalah mengenai hukuman potong jari yang pernah dia cetuskan. Saat itu, Akil akan dibawa ke rumah tahanan KPK.

“Dulu Bapak pernah bilang koruptor harus hukum potong jari. Nah, kalau Bapak terbukti korupsi, siap potong jari?” tanya wartawan bernama Oktavian Surya Dewangga, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (4/10/2013).

Baca juga: Kasus Akil, Ratu Atut Ikut Dicekal KPK.

Bukannya mendapat jawaban, wartawan yang akrab disapa Okta itu justru mendapat tamparan dari tangan Akil. Okta pun mengaku terkejut dengan kejadian itu. Okta tidak menyangka pertanyaan yang dia sampaikan itu membuat Akil marah.

“Nggak sakit, lebih ke kaget, karena dia melotot,” ujar Okta.

Akibat insiden tamparan itu, sejumlah wartawan lain pun sempat emosi dan mencoba menyerang Akil. Beruntung, situasi kembali kondusif setelah Akil dibawa menggunakan mobil menuju ke rumah tahanan KPK.

Apakah Akil Mochtar mau menjalani hukuman potong jari seperti yang pernah dia ucapkan?

(YG)

Comment di sini