Cara Buat Kue Sus Empuk Gurih

by
October 4th, 2013 at 4:32 pm

CiriCara.com – Kue sus atau dalam bahasa Belanda soes memang belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun jangan salah, kue sus ini ternyata mempunyai cita rasa yang enak dan cocok untuk lidah orang Indonesia.

kue sus enak

Kue Sus – Ist

Kue sus merupakan kue yang berongga dan biasanya berisi vla (fla), custard, ataupun daging. Kue sus dengan isian vla dan custard biasanya akan dihidangkan dalam kondisi dingin. Hal ini dikarenakan kue sus terlebih dulu di simpan di lemari es agar vla atau custard tidak basi.

Baca juga: Cara Buat Es Cendol.

Bentuk kue sus sendiri bermacam-macam, tergantung dari kreasi dan selera si pembuatnya. Namun, kue sus yang pertama kali dibuat umumnya berbentuk bundar. Mau tahu cara membuat ke sus?

Resep Kue Sus

Bahan untuk membuat kue:
- 200 ml susu cair
- 100 gr margarine
- 125 gr tepung terigu
- 4 butir telur
- ¼ sdt garam

Bahan membuat isian kue:
- 200 ml susu cair
- 4 sdm gula pasir
- 3 sdm tepung maizena
- 2 butir kuning telur
- Rum secukupnya (optional)

Cara membuat:
- Panaskan margarine serta susu hingga margarine menjadi cair, lalu masukanlah tepung terigu sedikit demi sedikit. Terus diaduk pelan-pelan.
- Tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Terakhir, masukkan garam, aduk sampai menjadi adonan.
- Bentuk adonan sesuai dengan selera Anda. Letakkan di loyang yang sudah diolesi margarine dan taburan tepung secara merata. Masukkan loyang ke dalam oven dengan suhu 220 derajat Celcius selama 15 menit. Angkat dan dinginkan kue, lalu kue dibelah jadi dua.
- Cara buat isian kue: campurkan susu, gula, tepung, dan kuning telur ke dalam panci. Masak sambil terus diaduk-aduk sampai tercampur rata.
- Setelah adonan isi sudah mendidih, matikan api kemudian angkat. Setelah itu, aduk kembali hingga adonan dingin dan siap digunakan.
- Penyelesaian: masukkan adonan isi di bagian tengah kue yang sudah dibelah tadi. Lakukan cara yang sama hingga kue dan isian habis.
- Kue sus isi vla siap untuk disantap.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini