KPK Sita Rp 7,2 M Uang Akil Mochtar

by
October 4th, 2013 at 9:04 am

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menggeledah rumah dinas dan ruang kerja Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar setelah ditangkap. Dari penggeledahan tersebut, KPK berhasil menyita total uang senilai Rp 7,2 miliar.

akil mochtar terima suap

Ketua MK Akil Mochtar – Ist

Ketua KPK Abraham Samad menjelaskan bahwa pihaknya total menyita uang sekitar Rp 4 miliar dari rumah dinas Akil di Jl Widya Chandra, Jakarta Selatan. Uang tersebut terdiri dari 284.050 dollar Singapura dan 22 ribu dolar Amerika.

Menurut Abraham, uang tersebut merupakan uang suap untuk Akil. Uang Rp 3 miliar dari Pilkada Gunung Mas, sementara uang Rp 1 miliar dari Pilkada Lebak. “Dalam travel bag biru dengan total Rp 1 miliar,” jelasnya.

Baca juga: Akil Mochtar Dapat Gaji Rp 30 Juta.

Tidak berhenti di situ, penyidik KPK kembali menggeledah rumah dinas Akil yang baru dilantik sebagai Ketua MK pada April 2013 lalu. Hasilnya, petugas berhasil menyita uang senilai Rp 2,7 miliar yang ditemukan dalam dua tas yang berbeda.

Sementara itu, di ruang kerja Akil di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, KPK kabarnya berhasil menemukan uang berjumlah Rp 500 juta. Uang tersebut ditemukan di dalam dua koper di ruang kerja Akil.

“Nilainya lebih dari Rp 500 juta,” kata seorang sumber yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (4/10/2013). Belum diketahui, apakah uang tersebut terkait kasus suap Pilkada atau tidak.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Akil Mochtar ditangkap KPK, Rabu (2/10/2013). Akil diduga terlibat kasus suap Pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah dan Pilkada Lebak, Banten. KPK telah mengamankan Bupati Gunung Mas, Hambit Bintih dan juga adik dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan.

Dari hasil pemeriksaan, Akil Mochtar sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak KPK. Banyak yang mendesak agar Akil divonis hukuman mati. Hal ini dikarenakan Akil merupakan pejabat tertinggi MK.

(YG)

Comment di sini