Obama Batal Hadir di KTT APEC Bali

by
October 4th, 2013 at 10:18 am

Jakarta (CiriCara.com) – Setelah sempat memastikan bahwa akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Bali, Presiden Barack Obama batal datang ke acara tersebut.

Obama batal datang ke KTT APEC /

Obama batal datang ke KTT APEC / Ist.

Kehadiran Obama ke Indonesia ini akan diwakilkan oleh John Kerry selaku Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Batalnya kedatangan Obama tersebut juga dibenarkan oleh Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Jumat, 4 Oktober 2013.

“Presiden SBY telah menerima telepon dari Presiden Barack Obama yang mengatakan menyesal karena tidak dapat hadir di KTT APEC,” katanya seperti dikutip oleh Detik.com.

Obama tidak bisa hadir ke KTT APEC karena masih membahas anggaran nasional Amerika Serikat. Mengetahui ketidakhadiran Obama, SBY maklum karena negara tersebut memang sedang mengalami krisis anggaran dan harus diselesaikan secepat mungkin.

Amerika sendiri tengah mengalami krisis anggaran pemerintahan karena tidak ada kesepakatan antara pihak DPR Amerika Serikat yang diwakili oleh Partai Republik dan Senat yang dikuasai oleh Partai Demokrat.

Senat menolak usulan DPR yang meminta pemerintah menunda pelaksanaan layanan kesehatan yang disebut sebagai Obamacare selama satu tahun dan menutup pemerintahan sejak 1 Oktober 2013 lalu. (RN)

Comment di sini